Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fokus Rumusan Penghiliran Industri

Rumusan Rapat Kerja Kementerian Perindustrian mengungkapkan bahwa sektor seperti agro, mineral, minyak, gas, dan batu bara akan difokuskan pada penghiliran yang tiap sektornya memiliki fokus produk untuk dikembangkan.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 17 Februari 2016  |  23:09 WIB
Rumusan Rapat Kerja Kementerian Perindustrian mengungkapkan bahwa sektor seperti agro, mineral, minyak, gas, dan batu bara akan difokuskan pada penghiliran yang tiap sektornya memiliki fokus produk untuk  dikembangkan. - Bisnis
Rumusan Rapat Kerja Kementerian Perindustrian mengungkapkan bahwa sektor seperti agro, mineral, minyak, gas, dan batu bara akan difokuskan pada penghiliran yang tiap sektornya memiliki fokus produk untuk dikembangkan. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -  Rumusan Rapat Kerja Kementerian Perindustrian mengungkapkan bahwa sektor seperti agro, mineral, minyak, gas, dan batu bara akan difokuskan pada penghiliran yang tiap sektornya memiliki fokus produk untuk  dikembangkan.

Industri mineral difokuskan pada empat kelompok, yaitu  besi baja, alumunium, nikel, dan tembaga. Penghiliran industri minyak, gas, dan batu bara akan fokus pada pembangunan industri petrokimia dan pupuk di Teluk Bintuni dan Aceh. Industri agro akan berfokus pada produk-produk a.l. kelapa sawit, rumput laut, dan kakao.

Usai rapat  kerja 2016, Kementerian Perindustrian masih perlu berdiskusi dalam menyusun roadmap penghiliran industri yang berbasis sumber daya alam. Rumusan akan dirangkum secara spesifik.

Hasil rumusan Rapat Kerja Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang dilakukan pada 16-17 Desember 2016, masih perlu dilakukan pematangan bersama pejabat kementerian terkait dan pemangku kepentingan lainnya.

Rumusan ini  nantinya akan dirangkum menjadi satu dokumen sehingga melahirkan satu roadmap yang setiap bagiannya akan diberikan penjelasan secara spesifik.

Hasil rapat kerja ini akan dirangkum besok pagi di Kementerian  oleh tim ahli dan tim rumus. Nanti baru akan kami launching sebagai dokumen resmi, kata Syarif Hidayat, Sekretaris Jenderal usai Rapat  Kerja Kemenperin pada Rabu (17/2/2016).

Roadmap ini merupakan bagian dari Kebijakan Industri Nasional (KIN) yang isi utamanya pun hilirisasi. Ia memperikirakan rancangannya sudah selesai pada bulan ini. Nanti
masuk ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk harmonisasi,  ujarnya.

Syarif mengatakan bahwa pihaknya masih menemukan banyak  permasalahan dalam perumusan roadmap ini. "Iniharus dibicarakan dengan stakeholder lainnya. Contohnya pembangunan industri migas, minerba yang turunannya menjadi petrokimia. Nah harga gas ini kan ceritanya mau diturunkan, tapi sampai sekarang belum ada perintah lagi, kata dia.

UEFA Champions League

TGL

Babak

Pertandingan

Hasil

Tempat

5/3/08

1/8

Real Madrid - ASRoma

1-2

(2-4)

Madrid

19/2/08

1/8

AS Roma - Real Madrid

2-1

Roma

UEFA Champions League

TGL

Babak

Pertandingan

Hasil

Tempat

8/12/04

GS

AS Roma - Real Madrid

0-3

Roma

28/9/04

GS

Real Madrid - AS Roma

4-2

Madrid

UEFA Champions League

TGL

Babak

Pertandingan

Hasil

Tempat

30/10/02

GS

Real Madrid - AS Roma

0-1

Madrid

17/9/02

GS

AS Roma - Real Madrid

0-3

Roma

UEFA Champions League

TGL

Babak

Pertandingan

Hasil

Tempat

24/10/01

GS

Real Madrid - AS Roma

1-1

Madrid

11/9/01

GS

AS Roma - Real Madrid

1-2

Roma

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri hilir
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top