Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

900 Rumah Tangga di Bekasi Nikmati Jaringan Gas Kota

Warga Kabupaten Bekasi, Jawa Barat akhirnya dapat menikmati fasilitas jaringan gas kota (city gas) yang dikelola PT Pertamina (Persero) melalui perusahaan afiliasinya PT Pertagas Niaga.
Jaringan gas rumah tangga/Antara
Jaringan gas rumah tangga/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Warga Kabupaten Bekasi, Jawa Barat akhirnya dapat menikmati fasilitas jaringan gas kota (city gas) yang dikelola PT Pertamina (Persero) melalui perusahaan afiliasinya PT Pertagas Niaga.

Untuk tahap awal, fasilitas jaringan gas kota yang dibangun Ditjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tahun Anggaran 2014 tersebut, mengalir ke sekitar 900 rumah di wilayah Desa Jaya Mukti, Cikarang Pusat, dan Kelurahan Serta Jaya, Cikarang Timur, pada Kamis (11/2/2016).

Selanjutnya, pengaliran gas ke rumah-rumah warga akan dilakukan secara bertahap hingga mencapai 4.000 sambungan rumah tangga.

Menurut Presiden Direktur PT Pertagas Niaga Jugi Prajogio, sumber gas untuk jaringan gas kota tersebut berasal dari sumur Pertamina EP di wilayah Jawa Barat dengan alokasi 0,2 juta kaki kubik per hari (MMscfd).  

“Bekasi merupakan kota kedua yang menikmati fasilitas jaringan gas kota yang dikelola Pertamina pada 2016, setelah Bulungan di Kalimantan Utara. Ini adalah bentuk sinergi Pertamina. Gasnya dari Pertamina EP, menggunakan pipa transmisi Pertagas, dan pengelolanya Pertagas Niaga,” ujar Jugi, melalui keterangan resmi yang diterima, Jumat (12/2/2016).

PT Pertagas Niaga, lanjut dia, menargetkan seluruh sambungan jaringan gas di Bekasi bisa teraliri semua pada tahun ini. Pasalnya, banyak potensi pelanggan kecil yang bisa memanfaatkan jaringan gas kota untuk usahanya.

Pengelolaan jaringan gas kota sendiri, memang menjadi bidang komersialisasi PT Pertagas Niaga, mengingat anak perusahaan PT Pertamina Gas yang resmi berdiri pada 2010 itu memiliki lingkup bisnis komersialisasi gas bumi, baik melalui gas pipa, dalam bentuk CNG, LNG serta pengembangan jaringan gas kota.

“Niaga gas meliputi membeli dan memasarkan gas produksi Pertamina EP, PHE/JOB, dan KKS, pemasaran dilakukan kepada konsumen industri,” kata Jugi.

Saat ini, Pertagas Niaga tercatat telah mengoperasikan jaringan gas kota di Kota Jambi, Sengkang, Prabumulih, dan Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah pengguna sekitar 17.000 pelanggan. Dengan pengoperasian ini, maka seluruh jumlah pelanggan jaringan gas Pertamina ditargetkan akan mencapai 46.500 pelanggan hingga akhir tahun.

Sambutan hangat diungkapkan masyarakat atas pengoperasian gas kota tersebut seperti yang disampaikan oleh Martin Harjawinata, Kepala Desa Jaya Mukti. Menurut dia, warga sudah sejak lama menanti gas kota tersebut mengalir di Bekasi. “Kami dan Pertamina sudah melakukan sosialisasi, dan sambutan warga sangat baik, “ ujar Martin.

Jaringan gas kota adalah jaringan pipa gas yang dibangun untuk mendistribusikan gas langsung ke rumah tangga atau pelanggan kecil. Di Indonesia, lokasi yang dialiri jaringan gas diutamakan adalah wilayah yang memiliki sumur gas dan telah tersedia infrastruktur pipa gas.

Sesuai dengan Kepmen ESDM No. 3328 K/12/MEM/2015, pada tahun ini, Pertagas Niaga menargetkan akan mengalirkan gas di kota/kabupaten lain. Di antaranya Kabupaten Sidoarjo, Ogan Ilir, Subang, Bontang, dan Lhokseumawe.

Penggunaan jaringan gas kota bagi masyarakat, memiliki sejumlah keuntungan, yakni lebih aman, praktis, hemat serta mendukung program pemerintah untuk melaksanakan diversivikasi energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper