Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Enam Wilayah Pengembangan Strategis di Sumatra

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan bangun infrastruktur di Sumatra berbasis Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) yang di gagas di enam wilayah pertumbuhan.nn
Lanskap sungai Musi Sumatra Selatan/Indonesia Travel
Lanskap sungai Musi Sumatra Selatan/Indonesia Travel

Bisnis.com, JAKARTA— Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan bangun infrastruktur di Sumatra berbasis  Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) yang di gagas di enam wilayah pertumbuhan.

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW), Hermanto Dardak mengatakan, pembangunan infrastruktur berbasis WPS ini dimaksudkan agar wilayah strategis tersebut dapat disinergikan dan dirancang sesuai kapasitas yang ada.

“Keenam WPS tersebut merupakan penekanan dalam pembangunan infrastruktur di Pulau Sumatera,” kata Hermanto melalui keterangan tertulis yang diterima Bisnis.com, Jakarta, Kamis (11/2/2016).

Konsep WPS yang digagas di Sumatera tersebut  yakni meliputi Sabang—Banda Aceh—Langsa, Medan—Tebing Tinggi—Dumai—Pekanbaru, Batam—Tanjung Pinang, Sibolga—Padang—Bengkulu, Jambi—Palembang—Pangkal Pinang—Tanjung Pandan dan Merak—Bakauheni—Bandar Lampung—Palembang—Tanjung Api Api.

Ia mengatakan bahwa di dalam wilayah pertumbuhan tersebut, terdapat kawasan-kawasan yang menjadi pusat pertumbuhan, dan terdapat wilayah yang sudah ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Misalnya, KEK Sei Mangke sebagai salah satu KEK di wilayah Sumatera yang perlu didukung, supaya kita yakinkan kawasan tadi terlayani secara intern sebagai wilayah pertumbuhan.” ujarnya.

Konsep WPS di wilayah pertumbuhan tersebut menurutnya, lebih pada keseimbangan pembangunan seluruh Indonesia, karena yang dilihat adalah wilayah pertumbuhan terpadu, wilayah yang sedang berkembang, serta  wilayah pertumbuhan baru.

Hermanto mengungkapkan, konsep ini merupakan penajaman terkait pesan Nawa Cita yang kemudian dituangkan di dalam Rencana Strategis Kementerian PUPR, dengan prinsip bahwa mesin pertumbuhan secara nasional ada di 35 WPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper