Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Distribusi Terganggu, Harga Semen Tonasa di Baubau Rp100.000/Sak

Harga semen Tonasa di sejumlah toko bangunan di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini mencapai Rp100.000/sak sedangkan harga semen Bosowa Rp95.000/sak.
Semen Tonasa/Bisnis
Semen Tonasa/Bisnis

Bisnis.com, KENDARI - Harga semen Tonasa di sejumlah toko bangunan di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini mencapai Rp100.000/sak sedangkan harga semen Bosowa Rp95.000/sak.

Kepala Bagian Ekonomi Kota Baubau, Ali Hasan di Kendari, Jum'at mengatakan tingginya harga semen Tonasa di Baubau tersebut dikarenakan distribusi semen dari daerah produsen ke Baubau sedikit tergganggu akibat dermaga bongkar muat barang di kota itu maih dalam perbaikan.

"Oleh karena dermaga pelabuhan bongkar muat barang masih sedang dalam perbaikan, menyebabkan kapal-kapal yang memuat semen kesulitan melakukan bongkar muat yang menyebabkan distribusi semen terganggu," katanya, Jumat (5/2/2016).

Menurut dia, di Kota Baubau saat ini bukan hanya distribusi semen yang terganggu, melainkan distribusi berbagai barang kebutuhan masyarakat ikut terganggu. Akibatnya, kata dia, harga berbagai kebutuhan di kota Baubau akhir-akhir cukup tinggi.

Harga bawang merah misalnya, di Kota Baubau sebesar Rp50.000/kilogram, sedangkan di Kota Kendari, harga bawang merah hanya Rp27.000/kilogram.

Demikian pula dengan harga telur ayam ras di Kota Baubau sebesar Rp50.000-Rp52.000/rak ukuran 30 butir, sedangkan di Kota Kendari harga telur hanya Rp38.000-Rp40.000/rak.

"Tingginya harga barang berbagai kebutuhan di Kota Baubau tersebut telah memincu tingginya angka inflasi di kota tersebut, yakni mencapai 3,95 persen selama tahun 2015," katanya.

Sementara angka inflasi se-Sultra yang terdiri dari 15 kabupaten dan dua kota sepanjang tahun 2015, hanya tercatat sebesar 2,27%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper