Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Distribusi Terganggu, Harga Semen Tonasa di Baubau Rp100.000/Sak

Harga semen Tonasa di sejumlah toko bangunan di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini mencapai Rp100.000/sak sedangkan harga semen Bosowa Rp95.000/sak.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Februari 2016  |  04:04 WIB
Semen Tonasa - Bisnis
Semen Tonasa - Bisnis

Bisnis.com, KENDARI - Harga semen Tonasa di sejumlah toko bangunan di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini mencapai Rp100.000/sak sedangkan harga semen Bosowa Rp95.000/sak.

Kepala Bagian Ekonomi Kota Baubau, Ali Hasan di Kendari, Jum'at mengatakan tingginya harga semen Tonasa di Baubau tersebut dikarenakan distribusi semen dari daerah produsen ke Baubau sedikit tergganggu akibat dermaga bongkar muat barang di kota itu maih dalam perbaikan.

"Oleh karena dermaga pelabuhan bongkar muat barang masih sedang dalam perbaikan, menyebabkan kapal-kapal yang memuat semen kesulitan melakukan bongkar muat yang menyebabkan distribusi semen terganggu," katanya, Jumat (5/2/2016).

Menurut dia, di Kota Baubau saat ini bukan hanya distribusi semen yang terganggu, melainkan distribusi berbagai barang kebutuhan masyarakat ikut terganggu. Akibatnya, kata dia, harga berbagai kebutuhan di kota Baubau akhir-akhir cukup tinggi.

Harga bawang merah misalnya, di Kota Baubau sebesar Rp50.000/kilogram, sedangkan di Kota Kendari, harga bawang merah hanya Rp27.000/kilogram.

Demikian pula dengan harga telur ayam ras di Kota Baubau sebesar Rp50.000-Rp52.000/rak ukuran 30 butir, sedangkan di Kota Kendari harga telur hanya Rp38.000-Rp40.000/rak.

"Tingginya harga barang berbagai kebutuhan di Kota Baubau tersebut telah memincu tingginya angka inflasi di kota tersebut, yakni mencapai 3,95 persen selama tahun 2015," katanya.

Sementara angka inflasi se-Sultra yang terdiri dari 15 kabupaten dan dua kota sepanjang tahun 2015, hanya tercatat sebesar 2,27%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harga semen

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top