Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bentuk Ganti, Rokhmin Dahuri Targetkan Pendapatan Petani Nelayan Rp4 Juta

Ketua Umum Gerakan Tani dan Nelayan Indonesia (Ganti) Rokhmin Dahuri menargetkan penghasilan petani maupun nelayan sebesar Rp4 juta per bulan.
Rokhmin Dahuri /BISNIS
Rokhmin Dahuri /BISNIS

Bisnis.com, JAKARTA - - Ketua Umum Gerakan Tani dan Nelayan Indonesia (Ganti) Rokhmin Dahuri menargetkan penghasilan petani maupun nelayan sebesar Rp4 juta per bulan.

"Ganti dibentuk untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan," kata Rokhmin melalui keterangan tertulis di Jakarta Minggu (31/1/2016).

Rokhmin prihatin terhadap tingkat kesejahteraan petani dan nelayan di Indonesia yang berada di bawah rata-rata.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Gotong Royong kedua itu, menyatakan Ganti siap membantu pemerintah Indonesia guna merealisasikan ketahanan pangan.

Ganti juga berupaya meningkatkan potensi hasil kelautan dan perhatian menjadi sektor unggulan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan perdagangan bebas lainnya.

Ditegaskan Rokhmin, petani dan nelayan di Indonesia harus menunjukkan menunjukkan diri sebagai "pemenang".

Rokhmin berpandangan sektor sumber daya alam terbarukan mudah dihasilkan untuk meningkatkan daya saing seperti pertanian, kehutanan dan kelautan.

Terlebih pengembangan produk kehutanan dan perikanan harus diolah menjadi produk jadi agar bernilai tinggi sehingga mencapai daya saing tinggi.

Guna meningkatkan daya saing tinggi, Rokhmin mengungkapkan Ganti menyusun program unggulan melalui teknologi maupun sistem pengelolaan.

Selain itu, Ganti akan bekerja sama dengan perguruan tinggi dan pemerintah melalui berbagai program. "Kita akan bantu pendapatan petani yang penghasilannya kurang dari Rp4 juta," ujar Rokhmin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper