Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suasana pemukiman dan gedung bertingkat yang tumbuh di Kota Depok, Jabar/Antara
Suasana pemukiman dan gedung bertingkat yang tumbuh di Kota Depok, Jabar/Antara

Bisnis,com, DEPOK - Pemkot Depok menganggarkan Rp134 miliar untuk pembangunan infrastruktur di kota Belimbing tersebut sepanjang tahun ini. 

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok Hardiman mengatakan pada semester I/2016 pihaknya memfokuskan pembangunan pada tiga jalan besar dengan menghabiskan sekitar Rp27,4 miliar.

“Ketiga jalan yang akan dibangun tersebut antara lain Jalan Margonda Rp20 miliar, Jalan Tole Iskandar Rp3,5 miliar, Jalan dan Sawangan Rp3,9 miliar,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (20/1/2016). 

Menurutnya, rincian pembangunan ketiga jalan tersebut adalah pembenahan, pelebaran hingga rehabilitasi. Jalan yang akan dilebarkan sebagian besar menghabiskan bahu jalan hingga trotoar.

Hardiman menuturkan pihaknya juga pada tahun ini akan membangun sejumlah jembatan dan drainase di beberapa titik sebagai upaya menjadikan Depok sebagai kota metropolitan yang bisa diakses oleh masyarakat luas.

“Untuk jembatan lokasi detailnya saya masih harus buka data-data lagi. Tapi yang jelas pembangunan dan perbaikan jembatan pasti kita lakukan dengan dana dari APBD,” paparnya.

Dia menambahkan pembangunan jalan yang berada di Depok tidak semuanya dibebankan pada APBD, sebab terdapat beberapa jalan yang keseluruhannya ditangani Provinsi Jawa Barat, salah satunya Jalan Kalimulya.

Hardiman mengatakan pada tahun ini pihaknya juga ingin memaksimalkan pelebaran jalan agar bisa dinikmati oleh warga yang terhubung dari arah Jakarta, Tangerang, Bogor hingga Banten.

“Jadi nanti Depok diharapkan akan menekan angka kemacetan yang selama ini kerap terjadi di Margonda, Tole Iskandar dan Sawangan,” ujarnya.

Ketua Komisi C DPRD Kota Depok yang membidangi infrastruktur, Mazhab HM mengatakan Pemerintah Kota Depok tahun ini dituntut untuk menyelesaikan pembenahan sejumlah ruas jalan.

Menurutnya, Pemkot Depok selama ini hanya berfokus pada pembenahan jalan di Margonda saja. Padahal, kata dia, masih banyak jalan yang harus dilebarkan untuk mengurai kemacetan di Depok.

"Dari dulu saya sudah bilang jangan hanya memfokuskan pembangunan di Margonda saja. Tole Iskandar dan Sawangan setiap hari seperti apa volume kendaraannya. Nah itu yang harus diperhatikan,” paparnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper