Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Kalsel Tutup Mata Soal Nasib Penambak Ikan Air Tawar

Penambak ikan/Ilustrasi
Penambak ikan/Ilustrasi

Bisnis.com, BANJARMASIN - Anggota Komisi II bidang ekonomi dan keuangan DPRD Kalimantan Selatan H Burhanuddin mengungkapkan, warga masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara mengharapkan bantuan pemerintah daerah untuk usaha budidaya perikanan air tawar.

"Harapan tersebut mereka kemukakan ketika Komisi II DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) ke Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) beberapa hari lalu," ungkapnya, Sabtu (9/1/2016).

Selain meninjau budidaya ikan air tawar, seperti ikan gabus (iwak haruan) dan papuyu (sejenis ikan bentok) di Danau Panggang (185 kilometer utara Banjarmasin), juga berdialog dengan warga masyarakat setempat mengenai usaha tersebut.

"Mereka (warga setempat) menyatakan juga ingin melakukan usaha budidaya ikan air tawar, tapi terkendala masalah modal," ungkap politisi Partai Golkar tersebut usai kunjungan dari. HSU 7-9 Januari 2019 menjawab Antara Kalsel.

Apalagi, kutipnya, kondisi perairan umum untuk menangkap ikan air tawar dalam beberapa tahun belakangan tidak bisa maksimal lagi karena penangkapan ilegal dengan menggunakan bahan kimia dan alat tangkap terlarang seperti putas serta strum listrik/aki.

Sedangkan bantuan modal itu bisa dengan cara pinjaman, bukan cuma-cuma, tapi dalam bentuk kredit lunak sebagaimana peruntukan usaha mikro kecil menengah (UMKM), lanjut mantan Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalsel tersebut.

Namun mereka (warga masyarakat setempat) tetap berharap agar pemerintah atau instansi berwenang terkait melakukan penertiban dan penindakan terhadap penangkap ikan secara ilegal, menggunakan bahan kimia serta alat tanggap yang terlerang.

"Karena penangkan tanpa mematuhi peraturan perundang-udangan yang berlaku dapat mengancam kelestarian nuftah atau bibit ikan, kendati perairan umumnya cukup luas," demikian Burhanuddin.

Sebagaimana kunjungan Komisi II DPRD Kalsel sebelumnya ke Kabupaten Barito Kuala (Batola), ke Danau Panggang HSU juga meninjau perkembangan hasil usaha budidaya iwak haruan dan papuyu yang merupakan primadona jenis ikan lokal bagi masyarakat Banjar Kalsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper