Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI JABAR: Sejumlah Proyek Infrastruktur Jadi Pendorong

Faktor infrastruktur seperti beroperasinya ruas tol Cipali dan rencana pembangunan bandara internasional Kertajati, Majalengka menjadi pendorong. Selain menggairahkan ekonomi masyarakat, proyek infrastruktur yang sedang berjalan juga menyerap banyak tenaga kerja.
Tol Cipali/Antara
Tol Cipali/Antara

Bisnis.com, BANDUNG--Pertumbuhan ekonomi Jawa Barat tahun ini diperkirakan lebih baik dari realisasi 2015, seiring berjalannya proyek infrastruktur pemerintah.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran Ina Primiana memperkirakan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat tahun ini akan lebih tinggi dari 2015.

“Kisarannya 5%-5,3%. Kalau tiap kabupaten dan kota sudah punya rencana pengembangan potensi yang jelas maka pertumbuhannya bisa besar,” sebutnya kepada Bisnis, Rabu (6/1/2015).

Ina mengatakan faktor infrastruktur seperti beroperasinya ruas tol Cipali dan rencana pembangunan bandara internasional Kertajati, Majalengka menjadi pendorong. Selain menggairahkan ekonomi masyarakat, proyek-proyek infrastruktur yang sedang berjalan juga menyerap banyak tenaga kerja.
 
Dia mengakui nilai tukar rupiah yang belum stabil masih menjadi faktor penekan. Pasalnya, sebagian besar bahan baku industri di Jawa Barat masih impor sedangkan negara tujuan ekspor pun masih mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi.
 
Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) juga diakui menjadi tantangan lain. Namun, Ina meyakini jika para pelaku usaha dapat mempertahankan kinerjanya seperti tahun lalu maka pertumbuhan ekonomi bisa menyentuh 5%.
 
“Salah satu langkah yang mesti dilakukan adalah membenahi pariwisata. Ini yang paling cepat dan efektif untuk sekarang karena multiplier effect-nya banyak,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper