Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KKP Garap Eceng Gondok Sebagai Pakan Ikan

Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menjadikan eceng gondok sebagai salah satu sumber bahan baku pengganti dedak untuk perikanan budi daya.
Eceng gondok
Eceng gondok

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menjadikan eceng gondok sebagai salah satu sumber bahan baku pengganti dedak untuk perikanan budi daya.

Direktur Jenderal Perikanan Budi Daya KKP Slamet Soebjakto mengatakan selama ini enceng gondok yang tumbuh di perairan umum masih dianggap sebagai gulma. Padahal, tumbuhan tersebut dapat diolah menjadi tepung pakan ikan.

“Setelah dibuat tepung, kadar proteinnya mencapai 12,51%, hampir sama dengan dedak halus. Saat ini harga dedak di pasaran Rp4.000/kg, sementara tepung eceng gondok perkiraan harganya sekitar Rp 1.000/kg,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (5/1/2015).

Slamet mengatakan KKP menggaungkan Gerakan Pakan Ikan Mandiri (GERPARI) sejak tahun lalu untuk mendorong kemandirian produksi pakan ikan di kelompok masyarakat. Apalagi, pakan merupakan penyumbang ongkos produksi terbesar dalam usaha perikanan budi daya.  

Berkaitan dengan itu, KKP meresmikan Mini Plant Pakan Ikan Mandiri di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Jawa Barat. Selain eceng gondok, balai tersebut memanfaatkan bahan baku lokal seperti tepung ikan dan tepung tapioka.

“Hasilnya pun tidak mengecewakan. Dengan kandungan protein sekitar 30%, sesuai SNI (Standar Nasional Indonesia), dapat dimanfaatkan untuk budi daya lele, nila, dan patin. Harganya pun relatif terjangkau, Rp5.000/kg,” kata pria penyandang gelar doktor pertanian ini.

Mini Plant Pakan Ikan Mandiri BBPBAT Sukabumi memiliki kapasitas produksi 1,2 ton per hari. Kawasan tersebut akan dijadikan tempat perekayasaan formulasi pakan.

“Hasil perekayasaan BBPBAT Sukabumi berupa enzim Mina Grow juga dapat dikombinasikan penggunaannya dalam produksi pakan ikan mandiri ini, sehingga semakin meningkatkan efisensi pakan ikan dan pada akhirnya mampu meningkatkan produksi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper