Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Rumah & Apartemen Makin Seret

Penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA) makin melambat per Oktober 2015.n
Proyek perumahan sederhana/Bisnis
Proyek perumahan sederhana/Bisnis
Bisnis.com, JAKARTA -- Penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA) makin melambat per Oktober 2015.
 
Berdasarkan laporan analisis uang beredar yang diterbitkan Bank Indonesia, pertumbuhan tahunan KPR dan KPA per Oktober 2015 mencapai 7,6%, lebih rendah dari pertumbuhan tahunan per September 2015 sebear 7,8%.
 
Total oustanding atau baki debit KPR dan KPA mencapai Rp335,4 triiun, atau menyumbang kontribusi 55% terhadap total kredit properti yang mencapai Rp612,1 triliun.
 
Secara keseluruhan kredit properti juga masih mengalami perlambatan. Ini tercermin dari pertumbuhan tahunan per Oktober 2015 yang mencapao 12,1%, lebih rendah dari pertumbuhan tahunan bulan sebelumnya sebesar 13%.
 
Kredit properti melambat dipicu perlambatan pada kredit konstruksi yang tumbuh 16,8%, lebih rendah dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebear 20,1%. Sementara itu, kredit real estate mengalami perlambatan tipis. Pada September 2015 pertumbuhan kredit real estate mencapai 20,3% sedangkan pada Oktober 2015 turun menjadi 20,2%.
 
Ketua DPP Real Estate Indonesia (REI), Eddy Hussy, mengatakan pembiayaan perumahan oleh perbankan tersendar karena aturan kredit yang lebih ketat. Dia berharap, Bank Indonesia merelaksasi ketentuan kredit inden.
 
"REI mengusulkan agar penyaluran kredit inden dibolehkan untuk fasilitas KPR kedua dan ketiga," ujarnya kepada Bisnis.com.
 
Sebagaimana dikethaui, hingga saat ini, penyaluran kredit inden hanya boleh dilakukan untuk fasilitas KPR pertama. Itupun dengan skema pencairan bertahap sesuai progres pembangunannya.
 
Eddy menambahkan, relaksasi kredit inden untuk fasilitas KPR kedua dan ketiga tidak akan serta merta meningkatkan risiko. Eddy beralasan, perbankan merupakan institusi keuangan yang punya analisis risiko yang baku. "Bank sendiri kan pasti berhati-hati, dia punya penilaian risiko yang jauh lebih bagus," pungkasnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper