Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BKPM: Sulawesi akan Jadi Basis Industri Kakao Terbesar di Indonesia

Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 07 Desember 2015  |  18:35 WIB
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, MAKASSAR - Badan Koordinasi Penanaman Model (BKPM) berkomitmen menjadikan Sulawesi sebagai basis produksi kakao terbesar di Indonesia dengan mencari investor potensial untuk pembangunan pabrik pengolahan kakao.

Dalam pertemuan dengan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyatakan pihaknya berjanji untuk mencari investor yang serius dan berminat mengembangkan komoditas kakao di Sulawesi, khususnya di Sulawesi Selatan.

Dia menuturkan perusahaan pengolahan biji kakao PT Mars Symbioscience Indonesia telah bertahun-tahun menjalankan dan mengembangkan bisnisnya di Sulsel. Ke depan, BKPM akan mendorong perusahaan tersebut untuk membangun pabrik pengolahan agar produksi kakao semakin meningkat.

“Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kakao terbesar di dunia, sehingga pemerintah akan terus berupaya untuk memperkuat dan memperbaiki kualitas kakao di Tanah Air sehingga dapat masuk ke pasar internasional, salah satunya kawasan Eropa,” kata Franky seperti dikutip pada laman Pemprov Sulsel, Senin (7/12/2015).

Menurutnya, industri pengolahan biji kakao di Sulsel dinilai memiliki potensi ekonomi yang sangat baik dan cukup menarik banyak minat investor untuk menanamkan modalnya.

Seperti diketahui, selain PT MARS, terdapat beberapa perusahaan pengolahan biji kakao lainnya yang juga telah menjalankan dan mengembangkan bisnisnya di Indonesia antara lain Nestle dan Cargill.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri kakao
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top