Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kembangkan Wilayah Perbatasan, Pemerintah Gelar Forum Investasi

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menggelar forum investasi wilayah perbatasan guna mempertemukan seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan wilayah perbatasan.
Marwan Jafar/Antara-Andika Wahyu
Marwan Jafar/Antara-Andika Wahyu

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menggelar forum investasi wilayah perbatasan guna mempertemukan seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan wilayah perbatasan.

Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan, forum tersebut terutama bertujuan untuk menarik minat swasta untuk berinvestasi mengembangkan wilayah perbatasan. Pemerintah bersama sejumlah perguruan tinggi telah memetakan potensi investasi di wilayah-wilayah perbatasan yang siap untuk diinvestasikan.

Hadir dalam forum tersebut antara lain pemerintah daerah wilayah perbatasan di Kalimantan, sejumlah pewakilan  pemerintah pusat dan daerah, dan para pelaku usaha.

Marwan mengatakan, daerah perbatasan punya potensi yang luar biasa tetapi belum tergarap optimal di berbagai bidang, di antaranya pariwisata, perkebunan, budaya, dan pertambangan.  Menurutnya, pemerintah ingin mengembangkan kawasan perbatasan selain dengan konsep pendekatan keamanan, tetapi juga pendekatan kesejahteraan dan pendekatan ekonomi.

“Potensi investasi di daerah perbatasan akan kita kembangkan bersama sesuai dengan potensi dan peluang yang dimiliki tiap wilayah dengan tetap memperhatikan aspek budaya dan kearifan lokal,” katanya dalam sambutan pembuka acara tersebut, Selasa (3/11/2015).

Menurutnya, pembangunan daerah perbatasan penting untuk mengembangkan daya saing dengan negara tetangga, menjadi pintu gerbang ekonomi nasional dan menjadi etalase bagi budaya nasional bagi negara luar.

“Untuk mencapai gagasan itu, seluruh pemangku kepentingan harus berpartisipasi aktif untuk mengambil peran masing-masing. Tidak saja pemda, tetapi juga dunia usaha dan masyarakat,” katanya.

Marwan mengatakan, kementeriannya berkomitmen mempercepat pengembangan daerah perbatasan melalui program Pengembangan Kawasan Beranda Indonesia (PKBI) untuk menjadikan daerah perbatasan sebagai beranda negara yang berdaulat, berdaya saing, dan aman.

“Program PKBI dimaksudkan untuk percepatan pembangunan daerah perbatasan untuk menjadi pusat perkotaan. Tidak saja menjadi pos lintas batas negara, tetapi juga pintu gerbang eksport import, pusat pertumbuhan ekonomi yang dapat mendorong perkembangan kawasan sekitar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper