Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PRIMANIYARTA 2015: Indah Kiat Pulp And Paper Rebut Gelar Eksportir Terbaik

Salah satu pilar usaha Sinar Mas di bidang kertas, Asia Pulp & Paper (APP) melalui PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk meraih penghargaan sebagai eksportir terbaik pada ajang Primaniyarta 2015.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 23 Oktober 2015  |  12:53 WIB
Komisaris PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Arthur Tahya (dari kiri), Direktur Suhendra Wiriadinata, dan Direktur Kurniawan Yuwono, berdiskusi disela-sela acara Rapat Umum Tahunan di Jakarta, Kamis (26/6/2014). RUPS LB menyetujui Rencana Penawaran Umum Terbatas kedua yang akan digunakan untuk penyetoran modal di PT Oki Pulp & Paper Mills.  - Bisnis.com
Komisaris PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Arthur Tahya (dari kiri), Direktur Suhendra Wiriadinata, dan Direktur Kurniawan Yuwono, berdiskusi disela-sela acara Rapat Umum Tahunan di Jakarta, Kamis (26/6/2014). RUPS LB menyetujui Rencana Penawaran Umum Terbatas kedua yang akan digunakan untuk penyetoran modal di PT Oki Pulp & Paper Mills. - Bisnis.com

Bisnis.com, PALEMBANG ---  Salah satu pilar usaha Sinar Mas di bidang kertas, Asia Pulp & Paper (APP) melalui PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk meraih penghargaan sebagai eksportir terbaik pada ajang Primaniyarta 2015.

Berdasarkan rilis yang diterima Antara di Palembang, Jumat (23/10/2015), penghargaan itu diberikan langsung Presiden Joko Widodo pada acara pembukaan Trade Expo Indonesia ke-30 tahun di Jakarta.

Direktur APP Suhendra Wiriadinata mengatakan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi negara kepada perusahaan yang tetap memperhatikan standar dalam mengiriman produk ke luar negeri.

"Perusahaan menyambut baik pemberian penghargaan ini karena dapat dijadikan indikator bahwa perusahaan telah menghasilkan produk berkualitas sehingga dapat diterima pasar Internasional. Hal ini dapat dilihat melalui nilai dan volume ekspor yang selalu meningkat setiap tahun," kata dia.

Ia mengatakan, perusahaan senantiasa meningkatkan kinerja dan menjaga kualitas sehingga sejak tahun 2007 sudah mendapatkan lima kali penghargaan Primaniyarta ini, yakni di tahun 2007, 2009, 2010, 2012, dan 2015.

Keberhasilan meraih penghargaan tertinggi kalangan eksportir ini tak lain karena perusahaan mengedepankan prinsip berkelanjutan, transparansi, menjunjung tinggi peraturan pemerintah, dan taat hukum.

"Pencapaian ini juga tak lepas dari potensi sektor pulp (bubur kertas) dan kertas sebagai andalan ekspor nasional. Sesuai dengan permintaan pasar, APP juga telah memproduksi kertas dan produk turunannya yang memiliki nilai tambah," kata dia.

Ia melanjutkan, pembuatan produk turunan bernilai tambah ini juga didorong oleh pemerintah dengan cara memasukkan kategori 'green product' pada ajang Primaniyarta 2015.

Kategori ini diperuntukkan khusus pada ekspor produk berbasis sumber daya alam dan produk olahan yang berpotensi menghasilkan limbah berbahaya.

"Produksi bubur kertas (pulp) dan kertas membutuhkan pasokan bahan baku kayu secara berkelanjutan, ini hanya bisa didapat dengan menjaga kelestarian hutan tanaman, dan lingkungan sekitarnya," kata dia.

Oleh karena itu, penyiapan lahan lahan tanpa bakar (zero burning policy) menjadi komitmen perusahaan sejak tahun 1996.

"Malahan sejak 2013, perusahaan juga telah menerapkan kebijakan konservasi hutan (Forest Conservation Policy), yang salah satu komitmennya adalah tidak membuka lahan baru dari hutan alam," kata dia.

Terkait prestasi yang dicapai hingga lima kali ini, Suhendra mengatakan akan dijadikan penambah semangat dalam memberikan yang terbaik bagi negara.

"Inovasi tanpa henti, meningkatkan nilai ekspor, mempekerjakan ratusan ribu karyawan, dan memperhatikan aspek lingkungan menjadi satu kesatuan di perusahaan dalam menjalankan produksi. Perusahaan tidak hanya menghasilkan produk berkualitas, tapi juga memperhatikan faktor manusia dan lingkungan yang harus dijaga. Terlebih saat ini, datang sejumlah tantangan terjadi di antaranya, pelemahan ekonomi global dan kemarau panjang karena dampak El Nino," kata Suhendra.

Primaniyarta merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada eksportir yang dinilai paling berprestasi di bidang ekspor.

Penghargaan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia ini memiliki tujuan untuk mengapresiasi para eksportir nasional yang mencatatkan prestasi terbaik dalam ekspor nonmigas.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

app sinar mas group

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top