Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Pertama, Trade Expo Indonesia Bukukan US$8 Juta

Pada hari pertama pembukaan TEI 2015, beberapa kontrak dagang dengan nilai lebih dari US$8 juta berhasil dibukukan.n
/Ilustrasi-tradexpoindonesia.com
/Ilustrasi-tradexpoindonesia.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pada hari pertama pembukaan TEI 2015, beberapa kontrak dagang dengan nilai lebih dari US$8 juta berhasil dibukukan.

Penandatanganan kontrak dagang dilakukan antara tujuh eksportir Indonesia dengan lima buyers, yaitu PT. Cipta Panel Buana dengan Kohnan Shoji Co., Ltd. asal Jepang, PT. Anggana Catur Prima dengan JANS Enterprises asal Amerika, PT. Perkebunan Nusantara VIII dengan Kong Wooi Fong Tea Merchant Sdn. Bhd asal Malaysia, Sinar Sosro dengan Eastern Cross Trading Pty. Ltd. asal Australia, CV Intrafood dengan Eastern Cross Trading Pty Ltd asal Australia, PT. Bamboe Indonesia dengan Eastern Cross Trading Pty Ltd asal Australia, dan PT. Inti Bintang Mas Perkasa dengan Canejava Pty Ltd asal Australia.

“Kami mengharapkan TEI tahun ini akan mampu menghasilkan lebih banyak lagi kerja sama perdagangan antara eksportir Indonesia dan para buyer, sehingga secara langsung dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja ekspor nasional,” kata Thomas T. Lembong, Rabu (21/10/2015).

Thomas menyebutkan, dalam TEI 2015, Kementerian Perdagangan juga akan terus berupaya menginformasikan perkembangan terkini mengenai perkembangan dan regulasi pasar ekspor internasional dengan mengadakan beberapa kegiatan, yaitu Seminar Trade, Tourism, and Investment (TTI) untuk memberikan informasi kepada para eksportir, buyers, dan investor dalam memanfaatkan peluang perdagangan internasional dan investasi.

Regional Discussion juga diadakan untuk memberikan informasi produk-produk potensial dan akses pasar luar negeri, serta isu terkait perdagangan internasional.

Di samping itu juga akan dilaksanakan Business Counselling, yang merupakan kegiatan konsultasi yang difasilitasi oleh para Atase Perdagangan dan Kepala Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) dalam rangka memberikan informasi akses serta penetrasi ke pasar luar negeri kepada para eksportir.

Selain itu, program Business Matching juga diadakan untuk mempertemukan buyers dengan eksportir Indonesia yang tepat sesuai dengan produk yang mereka cari.

Di tempat yang sama, TEI 2015 telah menganugerahkan Primaniyarta Award kepada 30 eksportir Indonesia untuk masing-masing kategori, yakni kategori Eksportir Berkinerja Pemilik Modal Dalam Negeri (PMDN) sebanyak 7 perusahaan, kategori Eksportir Berkinerja Penanaman Modal Asing (PMA) sebanyak 6 perusahaan, kategori Pembangun Merek Global sebanyak 7 perusahaan, kategori Eksportir Potensi Unggulan Ekspor sebanyak 7 perusahaan, dan kategori Eksportir Pelopor Pasar Baru sebanyak 3 perusahaan.

Kemudian juga diberikan Primaduta Award kepada 60 buyersyang loyal mengimporproduk Indonesia. Hal ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah kepada para pihak yang memberikan kontribusi pada peningkatan ekspor Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Avisena

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper