Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kiara: Jokowi Juga Harus Pikirkan Kesejahteraan Rakyat Pesisir

Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) menginginkan pemerintah Presiden Joko Widodo dan segala jajarannya agar jangan hanya terpaku kepada pemberantasan pencurian ikan tetapi mengutamakan peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir.
Kampung nelayan di pesisir pantai/Antara
Kampung nelayan di pesisir pantai/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) menginginkan Presiden Joko Widodo dan jajarannya agar jangan hanya terpaku kepada pemberantasan pencurian ikan tetapi mengutamakan peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir.

"Presiden Jokowi dan Kabinet Kerjanya tidak boleh terpaku pada urusan 'IUU Fishing' (pencurian ikan) semata," kata Sekretaris Jenderal Kiara Abdul Halim ketika dihubungi, Selasa (20/10/2015).

Dia menyatakan bahwa pemberantasan pencurian ikan merupakan upaya kecil dari kewajiban negara dalam rangka menyejahterakan masyarakat pesisir.

Menurutnya, hal yang terpenting adalah meningkatkan kesejahteraan dengan kemudahan mobilitas dan kebutuhan pokok yang terjangkau dan berkualitas di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Untuk itu, lanjutnya, hal yang dapat dilakukan dalam jangka pendek antara lain adalah menyambungkan pengelolaan sumber daya laut seperti ikan dan garam dari hulu ke hilir.

Sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga telah berkolaborasi dengan menandatangani kerja sama bersama Kementerian Pertanian dan Sumber Daya Air Australia dalam memberantas pencurian ikan dan melakukan patroli bersama.

"Kerja sama ini diharapkan bisa mencegah terjadinya pencurian ikan di perbatasan Papua Nugini, Timor Leste dan Australia. Sebab sejauh ini Australia sangat membantu Indonesia dalam mencegah terjadinya pencurian ikan," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Dengan adanya kerja sama itu, ujar dia, maka diharapkan tidak akan ada lagi kapal asing yang mencuri sumber daya ikan di kawasan perairan Republik Indonesia.

Menteri Susi mencontohkan ditangkapnya kapal MV Silver Sea berbendera Thailand yang dibantu ditangkap dengan bantuan pemotretan dari petugas Australia.

"Potret yang kami terima adalah pemotretan hasil patroli mereka. Kerja sama ini akan membuat efek jera bagi kapal-kapal asing," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper