Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PII: Indonesia Kekurangan 120.000 Insinyur

PII: Indonesia Kekurangan InsinyurBisnis.com, JAKARTAPersatuan Insinyur Indonesia memprediksi Indonesia mengalami ketimpangan jumlah insinyur sekitar 120.000 dalam lima tahun mendatang.
Insinyur/Ilustrasi
Insinyur/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Persatuan Insinyur Indonesia memprediksikan Indonesia mengalami kekurangan 120.000 insinyur dalam 5 tahun mendatang.

Direktur Eksektutif PII Faizal Safa menyatakan jumlah tersebut didapatkan dari hasil perbandingan kebutuhan dan realisasi penambahan insinyur terhadap dana APBN dan investasi swasta untuk pembangunan infrastruktur.

“Kemarin kami dari PII sempat memperjuangkan tunjangan kelangkaan, di mana setiap insinyur akan mendapatkan tunjangan sebesar Rp100 juta per tahun tapi rencana tersebut belum bisa direalisasikan. Kami akan mengusahakannya lagi tahun depan,” ujarnya.

Kelangkaan tersebut, ujarnya, terjadi akibat menurunnya minat mahasiswa terhadap jurusan teknik, sehingga mempengaruhi jumlah calon insinyur. Apalagi, para calon insinyur tersebut belum tentu berprofesi sebagai insinyur sipil ketika lulus nanti.

Dia menyatakan keprihatinannya melihat proyek-proyek infrastruktur dipenuhi oleh insinyur asing. Oleh karena itu, pihaknya berencana untuk mulai menerapkan sertifikasi internasional bagi para insinyur lokal guna menambahkan daya saingnya, terlebih menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) nanti.

Hingga kini, PII telah mendata sebanyak 9.200 insinyur yang telah tersertifikasi, baik di sektor konstruksi dan energi. Dari jumlah tersebut, baru sekitar 1800 insinyur yang memiliki sertifikat internasional.

“Strategi untuk itu ada dua, yakni dengan memberikan tunjangan kelangkaan dan memperbanyak proyek-proyek keinsinyuran, infrastruktur, energi dan pangan,” ujarnya.

Di sisi lain, organisasi yang menaungi 21.000 insinyur nasional ini akan segera menggelar Kongres III tahunan pada 11-12 Desember 2015. Kongres ini akan memilih wakil ketua umum PII untuk masa bakti 2015-2018, serta membahas beberapa agenda lain di bidang keinsinyuran.

Ketua Tim Seleksi Calon Wakil Ketua Umum PII Bambang Setiadi menyatakan, PIi telah berperan dalam terhadap gerakan pembangunan infrastruktur. Pemilihan wakil ketua ini akan berdampak pada arah gerakan yang akan dilakukan oleh PII selanjutnya.

“Persoalan dari luar salah satunya adalah empat bulan lagi kita emasuki MEA. Dalam kondisi itu, insinyur harus punya standar baku profesional. Tantanga dari dalam, banyak insinyur yang tidak bekerja sesuai dengan bidang keinsinyuran,” ujarnya.

Bambang mengaku hingga kini masih menyeleksi beberapa nama  sebagai kandidat. Dia juga menyatakan  sekitar 400 orang anggota  PII akan mengikuti proses pemungutan suara dalam kongres nanti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper