Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TEI 2015: Undang Pebisnis Afsel, RI Bebaskan Visa Sebulan

Sekitar 130 pengusaha Afsel diundang khusus menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI), 21-25 Oktober 2015 mendatang di Jakarta. Untuk itu, Pemerintah Indonesia memberikan fasilitas bebas visa kunjungan selama 30 hari.
Bebas visa/Ilustrasi
Bebas visa/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Sekitar 130 pengusaha Afsel diundang khusus menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI), 21-25 Oktober 2015 mendatang di Jakarta. Untuk itu, Pemerintah Indonesia memberikan fasilitas bebas visa kunjungan selama 30 hari.

“Undangan khusus ini merupakan upaya Pemerintah Indonesia meningkatkan kerja sama bisnis dengan para pengusaha Afrika Selatan,” kata Kepala Indonesian Trade  Promotion Center (ITPC) Johannesburg Pontas Parsaroan Tobing.

Ajakan tersebut dilakukan melalui pertemuan bisnis (business gathering) antara bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan para pengusaha Afrika Selatan (Afsel) yang tergabung dalam National African Federated Chamber of Commerce and Industry (NAFCOC) bersama Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Johannesburg dan KBRI Pretoria pada akhir September 2015 silam .

Pertemuan ini menghasilkan dokumen nota kesepahaman (MoU) antara Kadin dengan NAFCOC. Penandatanganan MoU dilakukan Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto dan Ketua NAFCOC Lawrence Mavundla.

Selain Pontas, Duta Besar RI untuk Afsel Suprapto Martosetomo, Konjen RI di Cape Town Sugie S. Harijadi, dan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Yuri O. Thamrin turut menjadi saksi penting kerja sama bisnis ini.

“MoU ini diharapkan memberi pemahaman baru dalam meningkatkan bisnis, perdagangan dan investasi, serta hubungan erat antara Indonesia dan Afsel di masa depan, juga pemanfaatan semua potensi yang baik antara kedua negara,” kata Pontas.

Pertemuan bisnis ini mendapat sambutan baik dari Minister of Small Business Development Afsel Lindiwe Zulu. Dalam pernyataannya, Lindiwe menekankan pentingnya posisi Indonesia pada pemberdayaan UKM dan hubungan ekonomi dengan Afsel.

Afsel merupakan negara tujuan ekspor penting bagi Indonesia. Berdasarkan data World Trade Atlas, Indonesia menduduki peringkat ke-27 sebagai eksportir di Afsel dengan total perdagangan kedua negara yang mencapai sebesar USD 1,21 miliar pada 2014. Selama ini, Afsel mengimpor minyak sawit, karet, kopi, kertas, motor mobil, keramik, alas kaki, dan peralatan pertanian dari Indonesia.

“Selain produk yang selama ini telah diimpor Afsel, kami berharap di arena TEI 2015 nanti, para pengusaha Afsel dapat mengimpor lebih banyak produk unggulan Indonesia lainnya,” pungkas Pontas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Avisena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper