Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wuihh, Petani Belimbing Majalengka Banjir Untung

Petani belimbing di Majalengka, Jawa Barat, meraup untung jutaan rupiah dalam satu bulan di area lahan satu hektare.
Belimbing. /Ilustrasi
Belimbing. /Ilustrasi

Bisnis.com, CIREBON - Petani belimbing di Majalengka, Jawa Barat, meraup untung jutaan rupiah dalam satu bulan di area lahan satu hektare.

Ketua Kelompok Tani Pararel Agus di Majalengka, Jumat, menuturkan dengan luas lahan satu hektare ia mampu memanen perhari sampai satu kwintal, di mana harga per kilogramnya adalah Rp10.000.

"Kami menanam buah belimbing dan hasilnya cukup baik di mana dari satu hektare kebun bisa berbuah meskipun sedang musim kemarau dan hasilnya kurang maksimal," katanya.

Ia menuturkan perawatan buah belimbing juga gampang-gampang susah, karena perawatannya itu harus lebih diperhatikan supaya bunga calon buah tidak rontok.

Ia melanjutkan dengan permintaan yang sedang turun dikarenakan daya beli kurang, ia masih bisa meraup keuntungan jutaan rupiah, katanya. "Dengan kondisi seperti sekarang ini memang sulit untuk memasarkan buah, akan tetapi saya masih bisa mendapatkan untung yang cukup lumayan," ujarnya.

Sementara itu Heri selaku pembina kelompok tani Pararel menuturkan bahwa pihaknya akan lebih giat dalam hal memasarkan hasil kebunnya dengan cara menggelar lapak-lapak di sepanjang jalan agar mereka tahu bahwa ada buah yang segar.

"Saya sekarang ini masih memasarkan hasil dari perkebunan kelompok tani pararel dan semoga dengan digelarnya beberapa lapak bisa memperkenalkan hasil kebun kami," tambahnya.

Ia melanjutkan kelompok tani pararel yang ada di desa Trajaya, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, selain menjual buah-buahan juga menjual bibit untuk pembudidayaan.

Selain menanam dan menjual buah hasil kebun, kami juga menjual bibit unggulan seperti bibit jambu biji kristalm, belimbing dan juga mangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper