Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Lesu, PHRI Sumbar: Okupansi Hotel Hanya 55%

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatra Barat mengklaim tingkat hunian hotel di daerah itu hanya berkisar 55% sampai kuartal ketiga tahun ini, akibat kelesuan ekonomi dan kebijakan pemerintah.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PADANG - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatra Barat mengklaim tingkat hunian hotel di daerah itu hanya berkisar 55% sampai kuartal ketiga tahun ini, akibat kelesuan ekonomi dan kebijakan pemerintah.

Ketua PHRI Sumbar Maulana Yusran menyebutkan terjadi penuruhan okupansi atau tingkat hunian hingga 15% menyusul tekanan ekonomi dan kebijakan larangan rapat di hotel bagi pemda di pengujung tahun lalu.

"Memang sudah keluar Permen No.6/2015 yang membatalkan edaran soal larangan rapat di hotel itu. Tetapi, itu tidak mampu juga mendongkrak okupansi, karena kan terkait soal penganggaran," ujarnya, Minggu (27/9/2015).

Menurutnya, karena penganggaran pemda dilakukan di pengujung tahun, maka tidak membantu meningkatkan tingkat hunian melalui kegiatan pemda meski kebijakan sudah dilonggarkan.

PHRI setempat juga menyayangkan kebijakan Pemkot Padang mengeluarkan izin delapan hotel baru di daerah itu tahun ini, yang dinilai akan menggerus pasar yang sudah ada.

"Domain izin memang di pemda, tetapi mestinya komunikasi dulu dengan asosiasi. Karena kondisinya di sini (Padang) sudah oversupply, okupansi bisa lebih anjlok," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper