Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Pemerintah Genjot Ekspor Mineral

Kementerian Perindustrian menyatakan akan merevisi Permenperin No. 15/M-IND/PER/3/2014 dengan meringkas tata cara pemberian rekomendasi menjadi eksportir terdaftar produk pertambangan hasil pengolahan dan pemurnian dengan sistem online.
  /
/

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian menyatakan akan merevisi Permenperin No. 15/M-IND/PER/3/2014 dengan meringkas tata cara pemberian rekomendasi menjadi eksportir terdaftar produk pertambangan hasil pengolahan dan pemurnian dengan sistem online.

I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, mengatakan rekomendasi dari kemenperin diperlukan oleh Kementerian Perdagangan untuk menjamin persyaratan yang diminta regulasi terkait telah dipenuhi.

“Kami sedang melakukan kajian agar pedoman atau tata cara dalam memutuskan suatu persyaratan dipenuhi atau tidak dilakukan oleh mesin atau komputer, sehingga beberapa rekomendasi yang dikeluarkan secara manual dapat dikurangi atau dihapus,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (24/9/2015).

Permenperin No. 15/M-IND/PER/3/2014 tentang Pemberian Rekomendasi Eksportir Terdaftar Produk Pertambangan Hasil Pengolahan dan Permunian ini berkaitan secara langsung dengan Permendag No. 04/M-DAG/PER/1/2014 tentang Ketentuan Ekspor Produk Pertambangan Hasil Pengolahan dan Pemurnian.

Dengan demikian, lanjutnya, penyederhanaan tata cara mendapatkan rekomendasi ekspor dapat mempermudah aktivitas ekspor industri pertambangan. Dalam hal ini, lanjutnya, perusahaan yang telah tercatat di database Kemenperin tidak perlu mengurus rekomendasi ekspor secara manual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper