Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Industri Pengolahan Susu Terkendala Bahan Baku

Bisnis.com, BEKASI Kalangan pelaku industri menilai bahwa salah satu kendala dalam pengembangan industri susu nasional ialah bahan baku yang persentase impornya mencapai 70%.
Shahnaz Yusuf
Shahnaz Yusuf - Bisnis.com 08 September 2015  |  21:27 WIB
Industri Pengolahan Susu Terkendala Bahan Baku
Peternak menuangkan susu sapi hasil perahan ke wadah, di Subang, Jawa Barat, Sabtu (28/3/2015)./JIBI-Bisnis - Rachman
Bagikan

Bisnis.com, BEKASI – Kalangan pelaku industri menilai bahwa salah satu kendala dalam pengembangan industri susu nasional ialah bahan baku yang persentase impornya mencapai 70%.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi S Lukman mengatakan bahwa produktivitas sapi perah di Indonesia masih sangat rendah dibanding negara lain. Dia mencontohkan sapi perah di Australia bisa menghasilkan 30 liter-60 liter susu per hari, dibandingkan dengan di Indonesia yang hanya berkisar 10 liter per hari.

“Mestinya pemerintah bisa mengembangkan daerah tertentu untuk jadi lahan ternak sapi perah. Idealnya di daerah timur, tapi industrinya sendiri sudah terlanjur di sini. Itu yang harus dipikirkan bagaimana solusinya,” katanya, Selasa (8/9/2015).

Menurutnya, saat ini sudah ada beberapa grup produsen yang mengembangkan peternakan. Namun hasil produksinya masih sangat sedikit dan belum mencukupi kebutuhan produksi dalam negeri.

Panggah Susanto, Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, mengatakan bahwa saat ini kebutuhan bahan baku susu berkisar 3,8 juta ton per tahun, dengan komposisi pasokan susu segar dari dalam negeri hanya berkisar 21%. Sedangkan sisanya dalam bentuk bubuk diimpor dari negara seperti Selandia Baru, Australia, Amerika Serikat dan Eropa.

“Ini tantangan untuk meningkatkan produksi bahan baku. Bagaimana secara bertahap kebutuhan bahan baku bisa dipenuhi dari dalam negeri, setidaknya naik ke 50%,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri susu
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top