Industri Kecil Mulai Terguncang Dampak Pelemahan Rupiah

Bisnis.com, JAKARTA -- Keterpurukan ekonomi akibat pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang semakin parah akhir-akhir ini tak pelak ikut membuat industri mikro, kecil dan menengah ikut terkena dampaknya.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 31 Agustus 2015  |  00:17 WIB
Industri Kecil Mulai Terguncang Dampak Pelemahan Rupiah
Seorang pekerja menyelesaikan proses pembuat kipas tangan di Kuwel, Keprabon, Klaten, Jawa Tengah - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Keterpurukan ekonomi akibat pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang semakin parah akhir-akhir ini tak pelak ikut membuat industri mikro, kecil dan menengah ikut terkena dampaknya.

Usaha yang paling terkena imbas dari pelemahan rupiah tentunya yang banyak menggunakan komponen bahan baku impor seperti usaha pembuatan tahu tempe yang memakai kedelai impor, industri komponen otomotif, dan lain-lain.

“Pasti banyak yang terguncang, bahkan ada yang mulai tutup dan terpaksa melakukan PHK karena tidak mampu bersaing,” kata Ketua Bidang UKM dan IKM Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Nina Tursinah kepada Bisnis.com, baru-baru ini.

Menurut Nina, UMKM di Indonesia sebenarnya sudah terlatih untuk memiliki daya tahan dalam berbagai kondisi.

Namun situasi saat ini lebih menyulitkan  bagi pelaku usaha karena mereka lebih susah mengakses permodalan, membeli bahan baku, maupun mengambil untung dari pemasaran produk.

“Tanpa situasi seperti saat ini saja pun sebenarnya iklim usaha di Indonesia sudah sangat berat, apalagi dengan kondisi ini, mereka menjadi semakin susah bersaing,” kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dampak pelemahan rupiah

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top