Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Targetkan 50% Lahan Tol Pemalang-Batang Bebas di Akhir Tahun Ini

Pemerintah menargetkan pembebasan 50% kebutuhan lahan untuk pembangunan tol Pemalang-Batang hingga akhir tahun ini.
Emanuel B. Caesario
Emanuel B. Caesario - Bisnis.com 28 Agustus 2015  |  13:16 WIB
Proyek tol. - Jibiphoto
Proyek tol. - Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menargetkan pembebasan 50% kebutuhan lahan untuk pembangunan tol Pemalang-Batang hingga akhir tahun ini.

Direktur Jalan Bebas Hambatan, Perkotaan dan Fasilitasi Jalan Daerah, Ditjen Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Subagyo mengatakan sejauh ini upaya pembebasan lahan untuk tol ini terus berjalan.

Saat ini, inventarisasi seluruh ruas telah dilakukan, bahkan sudah sampai pada tahap penilaian harga tanah oleh tim appraisal.

Sejauh ini, menurutnya, belum ada kendala berarti yang dihadapi tim pengadaan tanah di lapangan. Dalam waktu dekat, sejumlah lahan di sepanjang tol ini akan segera dibayar.

“Semua juga ingin mempercepat ini, terutama di lahan ini. Kami targetkan dalam waktu dekat sejumlah bidang sudah bebas dan cukup untuk groundbreaking,” katanya saat dihubungi, Jumat (28/8).

Subagyo mengatakan, melihat semangat dan progres di lapangan, pemerintah yakin hingga akhir tahun ini 50% lahan untuk tol sepanjang 39,2 km ini. Subagyo mengatakan pembebasan lahan tol tersebut ditangani oleh tiga Pejabat Pembuat Komitmen yang bekerjaan simultan.

Adapun hingga akhir Juli lalu realisasi pembebasan lahan baru 1,86% atau baru 5,2 hektar dari kebutuhan total 279,36 hektar. Realisasi pembebasan lahan ini belum berubah sejak 2008. []


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembebasan lahan tol pemalang batang
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top