Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pebisnis Taiwan Beli Kopi Indonesia US$11,5 Juta

Program forum kopi berhasil menjual senilai US$11,5 juta

Bisnis.com, JAKARTA – Program Tour de Coffee Forum berhasil mencatatkan kontrak pembelian kopi dengan nilai estimasi sebesar US$11,5 juta pada 2 – 8 Agustus lalu di Jawa Timur dan Bali.

Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei Arief Fadillah mengatakan program yang merupakan kerja sama dengan Taiwan Coffee Association menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pangsa pasar kopi Indonesia ke dunia, termasuk Taiwan.

 “Para pengusaha lebih mengenal daerah asal kopi yang dibelinya. Cara ini efektif meningkatkan ekspor kopi ke Taiwan," kata Arief, Rabu (19/8/2015).

Selain one-on-one meeting, buyer asal Taiwan tersebut juga diajak mengamati langsung proses pengolahan kopi proses panen hingga siap konsumsi.

Arief mengatakan, selain terkesan dengan manajemen perkebunan dan proses pengolahan kopi, para buyer tersebut tertarik untuk bertransaksi langsung dengan PTPN XII. Selama ini, untuk mendapatkan kopi asal Indonesia, para buyer tersebut lebih banyak menggunakan pihak ketiga.

Arief optimis Program Tour de Coffee tersebut akan mendorong peningkatan ekspor kopi Indonesia langsung ke Taiwan pada 2015. Program yang telah dilakukan di Jawa Timur dan Bali tersebut selanjutnya akan dilanjutkan pada 2016 dengan tujuan perkebunan kopi di Mandheiling, Sumatera Utara dan Malabar, Pengalengan, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Avisena
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper