Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pebisnis Taiwan Beli Kopi Indonesia US$11,5 Juta

Program forum kopi berhasil menjual senilai US$11,5 juta
Muhammad Avisena
Muhammad Avisena - Bisnis.com 20 Agustus 2015  |  00:50 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Program Tour de Coffee Forum berhasil mencatatkan kontrak pembelian kopi dengan nilai estimasi sebesar US$11,5 juta pada 2 – 8 Agustus lalu di Jawa Timur dan Bali.

Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei Arief Fadillah mengatakan program yang merupakan kerja sama dengan Taiwan Coffee Association menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pangsa pasar kopi Indonesia ke dunia, termasuk Taiwan.

 “Para pengusaha lebih mengenal daerah asal kopi yang dibelinya. Cara ini efektif meningkatkan ekspor kopi ke Taiwan," kata Arief, Rabu (19/8/2015).

Selain one-on-one meeting, buyer asal Taiwan tersebut juga diajak mengamati langsung proses pengolahan kopi proses panen hingga siap konsumsi.

Arief mengatakan, selain terkesan dengan manajemen perkebunan dan proses pengolahan kopi, para buyer tersebut tertarik untuk bertransaksi langsung dengan PTPN XII. Selama ini, untuk mendapatkan kopi asal Indonesia, para buyer tersebut lebih banyak menggunakan pihak ketiga.

Arief optimis Program Tour de Coffee tersebut akan mendorong peningkatan ekspor kopi Indonesia langsung ke Taiwan pada 2015. Program yang telah dilakukan di Jawa Timur dan Bali tersebut selanjutnya akan dilanjutkan pada 2016 dengan tujuan perkebunan kopi di Mandheiling, Sumatera Utara dan Malabar, Pengalengan, Jawa Barat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi komoditas kopi
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top