Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

17 AGUSTUS 2015: 113 Perjalanan KA Gratis Pada 08.00-17.00 WIB

PT Kereta Api Indonesia menggratiskan tiket 113 perjalanan KA lokal bersubsidi (PSO) dalam rangka merayakan Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia, dan mendukung program Badan Usaha Milik Negara yang bertajuk BUMN Hadir Untuk Negeri.
PT Kereta Api Indonesia menggratiskan tiket 113 perjalanan KA lokal bersubsidi (PSO) dalam rangka merayakan Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia, dan mendukung program Badan Usaha Milik Negara yang bertajuk BUMN Hadir Untuk Negeri./JIBI
PT Kereta Api Indonesia menggratiskan tiket 113 perjalanan KA lokal bersubsidi (PSO) dalam rangka merayakan Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia, dan mendukung program Badan Usaha Milik Negara yang bertajuk BUMN Hadir Untuk Negeri./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -  PT Kereta Api Indonesia menggratiskan tiket 113 perjalanan KA lokal bersubsidi (PSO) dalam rangka merayakan Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia, dan mendukung program Badan Usaha Milik Negara yang bertajuk "BUMN Hadir Untuk Negeri".

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro  menyebutkan 113 perjalanan tersebut, terdiri dari 100 perjalanan KA lokal bersubsidi di Jawa dan 13 perjalanan di Sumatra pada 17 Agustus 2015 untuk keberangkatan mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

"Bagi masyarakat yang ingin menikmati program ini, dapat melakukan pembelian tiket seharga Rp0 untuk keberangkatan KA lokal bersubsidi (PSO) pada waktu tertentu," ucapnya.

Sementara itu, Edi menambahkan, bagi masyarakat yang telah melakukan pemesanan tiket KA Lokal Bersubsisi (PSO) tertentu "H-30" sebelum hari berangkat, biaya tiket akan dikembalikan 17 Agustus 2015 pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

"Pengembalian biaya tiket dapat dilakukan hanya pada 17 Agustus 2015," tambahnya.

Dia mengatakan selain menggratiskan KA Lokal Bersubsidi (PSO), PT KAI melalui dua anak perusahaannya, yakni PT Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ) dan PT Railink juga memberikan promo serupa.

Untuk KRL Commuter Line, lanjut dia, memberikan program gratis tarif perjalanan KRL pada Senin 17 Agustus 2015 pukul 08.00-17.00 WIB.

Dalam hal ini, Edi mengatakan, para pemilik Kartu Multitrip (KMT) saldonya tidak akan berkurang, sementara penumpang yang akan menggunakan tiket harian berjamin (THB) juga tidak perlu membayar tarif perjalanan, namun tetap harus ke loket untuk mengisi tujuan perjalanan dan menyerahkan jaminan tiket.

Sementara, kata dia, pemilik kartu uang elektronik bank, dia antaranya BNI Tap Cash, Brizzi, E-Money Mandiri, Flazz BCA dan sebagainya hanya akan membayar tarif sebesar Rp1.

"Bagi para penumpang KMT dan kartu uang elektronik, selama 'tap-in' (menempelkan kartu) dilakukan pukul 08.00-17.00 WIB, maka layanan gratis akan tetap berlaku meskipun 'tap out' di stasiun tujuan di luar waktu tersebut," paparnya.

Untuk para pengguna THB, tarif gratis tetap berlaku selama pembelian tiket atau isi ulang tujuan dilakukan di loket dalam kurun waktu 08.00-17.00 WIB.

"Dalam menggunakan KRL gratis ini, para penumpang tetap perlu memperhatikan sejumlah ketentuan berlaku sebagaimana saat tarif normal," ujarnya.

Edi menjelaskan ketentuan tersebut, seperti mengenai saldo minimal KMT dan kartu elektronik bank, ketentuan uang jaminan dan "refund" THB, mengisi tujuan/relasi perjalanan THB di loket dan menggunakanya sesuai tujuan tersebut, serta aturan "free out", penalti dan suplisi.

Sementara, untuk KA bandara. PT Railink memberikan promo "Diskon Kemerdekaan" sebesar 70 persen kepada pelanggan KA Bandara Kualanamu selama 15 hari terhitung tanggal 17-31 Agustus 2015.

"Pelanggan yang berhak mendapatkan diskon adalah mereka yang berulang tahun di bulan Agustus," tambahnya.

Dia mengatakan promo tersebut berlaku untuk para calon penumpang KA Bandara dengan melakukan pembelian langsung di gerai tiket Stasiun KA Bandara Medan (CRS) dan Stasiun KA Bandara (ARS) dengan melampirkan fotokopi kartu identitas yang masih berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper