Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TEI 2015: Kemendag Targetkan Partisipasi 2.000 Perusahaan Unggulan

Kementerian Perdagangan menargetkan akan ada 2.000 perusahaan internasional dan terbesar di Indonesia yang akan berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2015.
Kementerian Perdagangan menargetkan akan ada 2.000 perusahaan internasional dan terbesar di Indonesia yang akan berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2015./JIBI
Kementerian Perdagangan menargetkan akan ada 2.000 perusahaan internasional dan terbesar di Indonesia yang akan berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2015./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perdagangan menargetkan akan ada 2.000 perusahaan internasional dan terbesar di Indonesia yang akan berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2015.

Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Ditjen Pengembangan Ekspor Naisonal Kemendag Pradnyawati menjelaskan selain partisipasi 2.000 perusahaan unggulan, TEI 2015 juga menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 15.000 orang dari dalam dan luar negeri.

“TEI merupakan ajang promosi strategis kita dalam menggaet pasar dunia bagi produk dan jasa unggulan Indonesia,” ujarnya pada acara peluncuran TEI ke-30 di kantor Kemendag, Rabu (12/8/2015).

Sebagai upaya meningkatkan perolehan TEI, lanjutnya, Kemendag akan mengoptimalkan peran Atase Perdagangan dan kantor Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di luar negeri dalam melakukan sosialisasi intensif.

Selain itu juga dilakukan pendekatan kepada buyers potensial agar mau hadir di TEI 2015 rencananya akan digelar pada 21-25 Oktober 2015 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta. Di areal pameran seluas 50.000 m2.

Areal tersebut dibagi ke dalam beberapa zonasi, yaitu manufactured goods and services; furniture and furnishing; food, beverages, and agricultural products; premium fashion, lifestyle, and creative products; premium products from 34 Indonesia Provinces; dan garden furniture.

Selain itu sebagai etalase produk terbaik Indonesia, pada TEI 2015 akan ditampilkan Paviliun Pride of Indonesia (POI) seluas 500 m perusahaan Indonesia yang mencatat prestasi/kinerja yang baik dan membanggakan.

Di antaranya adalah dari sektor industri strategis (produk alutsista, kertas, perahu karet, perlengkapan medis); produk bioteknologi (kantong plastik ramah lingkungan, green resources material, vaksin); produk hilir hasil perkebunan (makanan organik, essential oil); pertambangan (emas batangan); produk otomotif dan bagiannya; IT dan creative products; serta produk UKM.

Terdapat juga arena open space yang memamerkan garden furniture, knockdown house, dan heavy equipment.

Ada pula Paviliun ASEAN yang akan menyajikan informasi dari perwakilan negara-negara ASEAN dalam rangka menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

Sebanyak sembilan negara telah menyatakan keikutsertaannya pada TEI tahun ini, yaitu Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Pradnyawati menjelaskan, TEI juga merupakan upaya mendorong tercapainya cita-cita yang tidak mudah, yakni peningkatan ekspor nasional 300% selama periode 2014-2019 dari eskpor produk.

“Namun saya berharap komitmen ini juga diikuti komitmen yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan untuk mau berpartisipasi menyukseskan TEI menjadi ekspo berkualitas, berstandar internasional, serta mendukung konsep business to business (B to B) untuk mendorong terjadinya transaksi perdagangan.”

Lebih lanjut, kata Pradnyawati, sebagaimana penyelenggaraan TEI tahun lalu, diharapkan pada TEI tahun ini beberapa negara akan hadir sebagai delegasi misi dagang untuk secara langsung mencari produk ekspor terbaik.

Fasilitas yang disediakan antara lain, akomodasi untuk buyers TEI di official hotel yang ditunjuk, dan shuttle bus dari hotel ke tempat pameran. Di samping itu juga disediakan penanganan dan penyambutan para buyers di bandara.

Dalam rangka menyukseskan keketuaan Indonesia di dalam Indian Ocean Rim Association (IORA) yang rangkaian pertemuannya akan diselenggarakan di Padang dan Jakarta pada 20-23 Oktober 2015, Kemendag juga akan memfasilitasi penyediaan booth khusus IORA dalam TEI 2015.

Kemudian dalam rangka persiapan partisipasi Indonesia pada pameran Specialty Coffee Association of America (SCAA) 2016, seleksi kopi yang akan dipamerkan pada SCAA akan dilakukan di ajang TEI 2015 sehingga zona kopi di Hall C JIExpo nantinya juga dimanfaatkan sebagai ajang “Road to Atlanta 2016”.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper