Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANTISIPASI EL NINO: Presiden Jokowi Minta Penjelasan Mentan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta penjelasan Menteri Pertanian terkait dampak El Nino terhadap kekeringan dan kemungkinan gagal panen di dalam negeri.
EL NINO./www.vox.com
EL NINO./www.vox.com
Bisnis.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) minta penjelasan Menteri Pertanian terkait dampak El Nino terhadap kekeringan dan kemungkinan gagal panen di dalam negeri.
 
Dalam sambutannya sebelum rapat kabinet terbatas, Presiden Jokowi mengatakan dirinya menerima laporan El Nino akan berdampak kecil terhadap pertanian di dalam negeri dari gubernur. Pasalnya, sebentar lagi beberapa daerah akan memasuki masa panen raya.
 
Dari kunjungan ke Jawa Timur, dilaporkan oleh gubernur kalau El Nino ini kecil sekali dampaknya, karena panen raya pada September 2015 akan sangat besar. Gubernur Sulawesi Selatan juga mengatakan produksi beras tidak masalah, karena September akan ada panen raya, katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/8).
 
Presiden Jokowi menuturkan dampak El Nino harus tetap diantisipasi, agar tidak terjadi kerawanan pangan di dalam negeri. Tidak hanya di sektor pertanian, penanganan dampak El Nino juga hatus dilakukan pada sektor perikanan dan kehutanan.
 
Indroyono Soesilo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, sebelumnya mengatakan El Nino akan menyebabkan kematau panjang, sehingga mengakibatkan gagal panen, kebakaran hutan dan lahan, dan kelangkaan air di beberapa wilayah Indonesia.
 
Akan ada 220.000 hektare lahan sawah yang terkena dampak El Nino. Beberapa waduk pun mengalami defisit air, katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (31/7).
 
Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait akan melaksanakan berbagai program di lapangan. Kementerian Pertanian saat ini sudah meminta kepala daerah mengalihkan dana alokasi khusus dari APBN dengan nilai mencapai Rp2 triliun, untuk membangun embung atau waduk kecil, dan 20.000 sumur dangkal.
 
Indroyono menuturkan, untuk menjaga ketahanan pangan nasional, saat ini Badan Urusan Logistik (Bulog) melakukan kajian untuk memenuhi cadangan besar 2,5 juta yon pada Oktober tahun ini
 
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pun akan melakukan kegiatan pembuangan air dari udara untuk mengantisipasi kebakaran hutan, ujarnya.
 
Aksi tersebut akan dibarengi dengan tindakan penegakkan hukum kepada para pelaku pembakaran hutan yang telah ditangkap aparat keamanan.
 
Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjamin tidak ada masalah air pada waduk-waduk besar yang ada saat ini. Dari 16 waduk utama, delapan waduk diantaranya masih memiliki debit air normal, dan lima lainnya mengalami defisit air.
 
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga siap mengerahkan 761 pompa air tanah, dan melakukan pendistribusian air bersih di wilayah yang mengalami kekeringan, ucapnya.
 
Adapun Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menyiapkan cold storage untuk menampung ikan yang ditangkap nelayan. Pasalnya, El Nino akan membuat tangkapan nelayan melimpah, karena peningkatan suhu air di permukaan.
 
Dia memprediksi panen ikan akan terjadi di sepanjang Pantai Barat Sumatra, Selatan Jawa, Selatan Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper