Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Elpiji 3 Kilogram Naik Pekan Depan

Pemerintah Kota Pekanbaru akan menaikkan harga eceran tertinggi (HET) elpiji 3kg yang akan diberlakukan mulai pekan depan.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU-- Pemerintah Kota Pekanbaru akan menaikkan harga eceran tertinggi (HET) elpiji 3kg yang akan diberlakukan mulai pekan depan.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru Mas Irba Sulaiman mengatakan pihaknya tengah membahas ulang penetapan harga.

"Rencananya akan kita naikkan setelah Premium naik. Namun, premium tidak jadi naik 1 Agustus lalu. Jadi, kita melakukan pembahasan ulang. Pekan depan akan kita berlakukan," katanya, Rabu (5/08/2015).

Kenaikan itu dilakukan karena naiknya beberapa harga barang serta upah minimum karyawan di Pekanbaru. Irba mengatakan pihaknya mempertimbangkan agar kenaikan HET elpiji tidak memberatkan masyarakat dan membuat inflasi yang tinggi.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Riau juga akan menaikkan HET menjadi Rp20.000 dari Rp16.000. Namun, Irba mengungkapkan harga HET Pekanbaru tidak akan mencapai Rp20.000

"Kita bisa menetapkan harga yang berbeda dengan Pemprov Riau. Itu sudah diatur dalam Peraturan Menteri ESDM. Artinya, kenailam HET elpiji yang kita tetapkan lebih rendah dari penetapan Pemprov," ungkapnya.

Hingga kini, HET elpiji masih dijual Rp16.000 di pangkalan. Irba meminta kepada masyarakat untuk segera  melaporkan pangkalan yang menjual di atas 16.000 agar ditindak.

Pemerintah Kota juga berkoordinasi dengan Polda Riau dan Polresta Pekanbaru untuk menindak pelaku penimbunan tabung gas yang melanggar Undang-undang.

Karena menjelang kenaikan harga, penimbunan gas sering terjadi. "Selain itu, penimbunan gas bisa menyebabkan kelangkaan," tegas Irba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper