Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, Kebutuhan Ikan di Jakarta Meningkat Tipis

Kebutuhan ikan di Jakarta sepanjang Ramadhan hingga pekan pertama Lebaran tahun ini diperkirakan meningkat tipis.
Pasar ikan/Ilustrasi
Pasar ikan/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Kebutuhan ikan di Jakarta sepanjang Ramadhan hingga pekan pertama Lebaran tahun ini diperkirakan meningkat tipis.

Pada hari-hari sebelum Ramadhan, kebutuhan ikan rata-rata di wilayah Jakarta adalah sebanyak 650 ton perhari. Sepanjang Ramadhan, kebutuhan meningkat 5,07% menjadi 683 ton perhari.

Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Saut P. Hutagalung mengatakan peningkatan konsumsi ikan yang tipis terjadi karena banyak warga Jakarta yang mudik.

“Sebaliknya, warga yang tetap tinggal di Jakarta pun umumnya makan di luar rumah,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa (7/7/2015).

Peningkatan kebutuhan ikan selama Ramadhan umumnya terjadi pada pekan pertama setelah bulan puasa dimulai dan akan terus berlangsung hingga H+1 Lebaran.

Adapun, total kebutuhan ikan di Jakarta selama Ramadhan hingga H+77 Lebaran diperkirakan mencapai sekitar 25.270 ton.

Kebutuhan ikan di Jakarta dipasok dari pelabuhan Muara Angke dan Muara Baru, yang membawa ikan dari sejumlah pelabuhan perikanan di luar Jakarta, Sumatera, dan Sulawesi.

Pasokan dari Muara Baru mencapai sekitar 340 ton perhari, sedangkan Muara Angke mampu memasok sekitar 100-200 ton perhari. Sisanya dipenuhi dari ikan air tawar yang dipasok dari sejumlah waduk seperti Waduk Cirata, Waduk Jatiluhur, dan Waduk Saguling.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper