Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terancam Virus Mers, MENAKER Diminta Pulangkan TKI dari Korsel

Himpunan Pengusaha Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Himsataki) mendesak Kementerian Tenaga Kerja Indonesia dan BNP2TKI untuk memulangkan warga Indonesia yang bekerja di Korea Selatan menyusul merebaknya virus Mers di negera tersebut.
Petugas membersihkan gerbong kereta api. /Reuters
Petugas membersihkan gerbong kereta api. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Himpunan Pengusaha Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Himsataki) mendesak Kementerian Tenaga Kerja Indonesia dan BNP2TKI untuk memulangkan warga Indonesia yang bekerja di Korea Selatan menyusul merebaknya virus Mers di negera tersebut.

Direktur Eksekutif Himsataki Yunus M. Yamani mengatakan sudah ratusan orang yang terjangkit virus Mers bahkan dalam waktu beberapa hari, 16 orang meninggal dunia.

"Kami memperkirakan jumlah korban meninggal akan bertambah," ujar Yunus di Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Dia juga mengingatkan Menaker dan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) agar mengantisipasi penyebaran virus mers pada TKI.

Saat ini cukup banyak warga Indonesia yang bekerja di industri, home industri dan rumah tangga di sana. "Jika lingkungan di sekitar tempat kerjanya sudah ada yang terkena virus mers kemungkinan besar TKI tersebut bisa terjangkit," ucap Yunus.

Untuk itu dia mendesak pemerintah memperhatikan keselamatan TKI. "Lebih baik mencegah daripada mengobati mereka yang terlanjur terjangkit," katanya.

Di sisi lain, dia juga mengingatkan bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah No.3 Tahun 2013 tentang Perindungan TKI, pemerintah wajib menghentikan penempatan ke negara yang terjangkiti atau terserang wabah penyakit.

"Melihat kondisi Korea Selatan saat ini maka Kemenaker dan BNP2TKI harus menghentikan penempatan ke Korea Selatan hingga negara itu dinyatakan bersih dari mers," demikian Yunus. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper