Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Instruksikan ASDP Tingkatkan Kualitas Agar Lebih Manusiawi

Presiden Joko Widodo mengintruksikan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meningkatkan kualitas pelayanan dan pembenahan terminal untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penumpang kapal.
Mensesneg Pratikno (kanan) dan Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki./JIBI-Akhirul Anwar
Mensesneg Pratikno (kanan) dan Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki./JIBI-Akhirul Anwar

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengintruksikan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meningkatkan kualitas pelayanan dan pembenahan terminal untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penumpang kapal.

Instruksi tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung dalam rangka peresmian beroperasinya Dermaga VI dan tiga kapal roro produksi nasional.

"Presiden secara khusus menginstruksikan kepada PT ASDP untuk meningkatkan kualitas pelayanan, termasuk pembenahan terminal, agar lebih manusiawi," ujar Anggota Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Sabtu (13/6).

Teten menuturkan instruksi tersebut dilontarkan Presiden agar pengelola pelabuhan penyeberangan menekankan pentingnya aspek keamanan dan keselamatan penumpang.

"PT ASDP harus mampu menerapkan standar keselamatan tinggi. Tidak boleh dibuat main-main," imbuh Teten mengutip Presiden Jokowi.

Presiden, lanjutnya, berharap percepatan pembangunan infrastruktur pelabuhan di Bakauheni dan Merak bisa menjadi momentum untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di Pulau Sumatera.

Pasalnya, pembangunan infrastruktur merupakan kunci konektivitas ekonomi antarwilayah Indonesia agar bisa tumbuh dan berkembang bersama-sama di seluruh sektor. Dengan demikian pemerataan pembangunan bisa dirasakan rakyat.

Selain itu, Presiden berharap pembangunan infrastrukutur pelabuhan bisa mengurangi kemacetan kendaraan angkutan barang, terutama truk di lintas penyebrangan Merak-Bakauheni.

"Kemacetan kendaraan angkutan barang selama ini berdampak pada kelancaran distribusi barang dan jasa. Kegiatan ekonomi yang mengandalkan jalur penyeberangan ini pun acap terganggu, bahkan mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper