Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemanfaatan Gas untuk Kapal Masih Sedikit

Penggunaan bahan bakar gas belum menjadi utama karena infrastruktur di Indonesia belum mendukung. Dia berpendapat penggunaan gas dalam pelayaran global juga belum begitu masif.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 09 Juni 2015  |  06:50 WIB
Kapal.  - jokowinomics
Kapal. - jokowinomics

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum Indonesia National Shipowners Association (INSA) Carmelita Hartoto menuturkan penggunaan bahan bakar gas belum menjadi utama karena infrastruktur di Indonesia belum mendukung. Dia berpendapat penggunaan gas dalam pelayaran global juga belum begitu masif.

"Penggunaan BBG masih jauh dari harapan karena infrastruktur di Indonesia belum mendukung," katanya, Senin (8/6/2015).

Dari 87.000 unit kapal yang melakukan pelayanan global pada 2014, hanya 5% kapal yang menggunakan LNG sebagai bahan bakar utama. Dia menuturkan International Maritime Organization (IMO) akan mulai memperkenalkan zona pengawasan emisi di dunia mulai tahun depan hingga 2020.

Untuk terus mendorong operasional kapal yang efisien, INSA telah memberlakukan join slot untuk memaksimalkan ruang muat kapal. Hal tersebut merupakan langkah untuk mengatasi banyaknya kapal yang kekurangan muatan akibat kargo yang lesu. Selain itu, biaya operasional industri pelayaran masih tinggi.

Tetapi kita harus menyadari bahwa biaya operasional pelayaran saat ini relatif tinggi, salah satunya karena beban fiskal dan moneter yang tidak lazim di pelayaran, ujarnya. []

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal gas bbg
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top