Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KRISIS YUNANI: Hari ini Jatuh Tempo, Yunani Tunda Bayar Utang

Yunani memunda pembayaran utang kepada Dana Moneter Internasional (IMF) yang jatuh tempo pada hari ini setelah Perdana Menteri Alexis Tsipras menuntut perubahan atas persyaratan berat yang ditetapkan kreditor internasional.

Bisnis.com, JAKARTA - Yunani menunda pembayaran utang kepada Dana Moneter Internasional (IMF) yang jatuh tempo pada hari ini setelah Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras menuntut perubahan atas persyaratan berat yang ditetapkan oleh kreditor internasional.

Pemerintah Yunani mengatakan akan menggabungkan semua empat tunggakan yang jatuh tempo pada pada Jumat (5/6) menjadi satu pembayaran saja pada akhir bulan. Dengan demikian maka pembayaran pada 30 Juni mendatang akan mencapai sekitar 1,6 miliar Euro sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (5/6/2015).

Prosedur seperti itu, yang dimungkinkan berdasarkan peraturan IMF, terakhir kali digunakan oleh Pemerintah Zambia sekitar 30 tahun lalu.

Perdana Menteri Alexis Tsipras sedang berupaya mencapai kesepakatan dengan IMF untuk mencairkan dana bantuan sebelum Yunani kehabisan dana. Sebagian kalangan menilai langkah tersebut diambil Yunani sebagai taktik berunding untuk memberi tekanan kepada para kreditor internasional dalam upaya mengatasi krisis utang negara tersebut.

Kemarin Tsipras mengatakan kesepakatan dengan para kreditor internasional telah ada di depan mata.

Perundingan tingkat tinggi direncakanan akan digelar kembali hari ini meski Tsipras tampaknya harus memberi penjelasan ke parlemen Yunani daripada kembali berunding ke Brussels.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper