Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Semen Pada 2017 Diprediksi Membanjir

nRegional-Finance-BTN Kanwil III Targetkan 300.000 Unit KPRnHendri AsworonMon 01/06/2015 16:47nInbox; Sent Itemsngemal abdel nasser Panggabean nMon 01/06/2015 14:02nTo:njibi;nAsep Dadan ;nAsep Dadan Muhanda;narif gunawan ;ngemal_ ;nYusuf Waluyo Jati;nStefanus Arief Setiaji ;n...nYou replied on 01/06/2015 16:47.nRegional-Financenn1/6/2015nnGemal Abdel Nasser P
Industri semen/Antara
Industri semen/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Perindustrian menyatakan seiring dengan tingginya realisasi investasi pada industri semen di dalam negeri, total kapasitas semen nasional pada 2017 akan mencapai 102 juta ton dari total kebutuhan 70 juta ton per tahun

Harjanto, Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Kemenperin, mengatakan kendati akan terjadi kelebihan pasokan semen, pihaknya tidak akan mengusulkan industri ini untuk masuk ke dalam daftar negatif investasi.

"Kami akan segera mengusulkan persyaratan teknis kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) khusus untuk industri semen. Salah satunya seperti investasi industri semen harus berada di luar Pulau Jawa," ujarnya kepada Bisnis.com, di Jakarta belum lama ini.

Selain itu, syarat teknis lainnya adalah kapasitas produksi pabrik semen tidak boleh lebih tinggi dari tiga kali lipat total kebutuhan semen dalam satu provinsi. Kemudian, penggunaan teknologi harus ramah lingkungan serta rendah konsumsi energi.

Dengan demikian, investasi yang masuk ke dalam industri semen dalam negeri harus benar-benar memiliki daya saing, ramah lingkungan, dan berada di luar Pulau Jawa. Pengaturan lebih lanjut terdapat beberapa spesifikasi teknis pabrik yang harus dipenuhi investor.

Menurutnya, pemerintah tidak akan mengizinkan pendirian pabrik semen relokasi dari negara lain dengan teknologi rendah serta menggunakan energi dalam jumlah besar. Dengan demikian, pendirian industri semen akan lebih selektif.

Terkait dengan kelebihan pasokan yang akan terjadi pada 2017, sisa lebih produksi diharapkan dapat memenuhi permintaan pasar ekspor. Saat ini terdapat lima pembangunan pabrik semen yang akan berproduksi optimal pada 2017, yaitu Jui Shin, Anhui Conch, Siam Cement, Cemindo Gemilang dan Panasia.

Dari kelima investasi ini, total tambahan semen nasional pada 2015 akan mencapai sembilan juta ton serta 7,5 juta ton klinker. Pasokan ini akan bertambah menjadi 10,7 juta ton semen dan sembilan juta ton klinker pada 2016 dan 2017.

Pada tahun ini, lanjutnya, pemerintah tengah mendorong pembangunan pabrik semen terintegrasi. Di mana investasi diarahkan kepada pembangunan grinding plant dengan menggunakan klinker dalam negeri.

Saat ini total kapasitas produksi semen nasional mencapai 68,7 juta ton dengan kemampuan produksi 59,85 juta ton. Pada 2014 jumlah ekspor semen asal Indonesia hanya 220.000 ton sementara impor sebanyak 2,4 juta ton.Total kebutuhan semen nasional diperkirakan mencapai 62,4 juta ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper