Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arab Saudi Janji Tingkatkan Perlindungan TKI

Upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan jaminan keamanan terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Arab Saudi membuahkan hasil setelah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan kunjungan ke negara tersebut.

Bisnis.com, JAKARTA -- Upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan jaminan keamanan terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Arab Saudi membuahkan hasil setelah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan kunjungan ke negara tersebut.

Pemerintah Arab Saudi melalui kedutaannya di Jakarta telah mengusulkan dilakukannya pembahasan segera mengenai semua isu dalam masalah perlindungan TKI dan seluruh WNI di Arab Saudi.

"Khususnya masalah yang terkait dengan WNI korban penyiksaan dan pembunuhan yang berhak mendapatkan diyat," kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal, Jumat (29/5/2015).

Dia menambahkan, langkah responsif yang dilakukan Kedubes Arab Saudi merupakan tindak lanjut dan hasil konkrit dari pertemuan Menlu Retno dengan Menlu Arab Saudi, Adel Al jubeir beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan tersebut, selain membahas sejumlah isu strategis Menlu Retno juga mengangkat sejumlah isu perlindungan WNI antara lain penguatan perlindungan WNI di Arab Saudi, pembuatan mekanisme notifikasi bilateral dalam hal WNI menghadapi masalah hukum.

"Beberapa pandangan Menlu Retno ditanggapi sangat positif oleh Menlu Jubeir dan dijanjikan akan ditindaklanjuti segera."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper