Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PTP Nusantara X Targetkan Giling Tebu 6,11 Juta Ton

PT Perkebunan Nusantara X menargetkan bisa menggiling tebu hingga 6,11 juta ton dengan memproduksi 507.714 ton gula pada musim giling tahun ini.

Bisnis.com, MOJOKERTO - PT Perkebunan Nusantara X menargetkan bisa menggiling tebu hingga 6,11 juta ton dengan memproduksi 507.714 ton gula pada musim giling tahun ini.

Target tersebut sejalan dengan langkah perseroan yang telah melakukan perbaikan sejumlah pabrik gula dan kinerja lahan (on-farm).

Direktur Utama PTPN X Subiyono mengatakan target tersebut meningkat 8,48% dibandingkan pencapaian produksi gula dari 11 pabrik gula (PG) PTPN X di Jawa Timur tahun lalu yang 468.003 ton.

"Sejak 2010 perseroan sudah menyiapkan investasi sampai Rp1,44 triliun untuk membenahi PTPN X, baik perbaikan di on-farm maupun penambahan kapasitas pabrik dan hasilnya bisa dirasakan tahun ini," katanya saat pemaparan dalam Kunjungan Kerja Presiden Joko Widodo di Pabrik Gula Gempolkerep, Mojokerto, Kamis (21/5/2015).

Adapun PG yang telah ditingkatkan kapasitasnya yakni PG Djombang Baru yang kini menjadi 3.000 ton per day (TCD), PG Tjoekir menjadi 3.900 TCD, dan PG Kremboong kini menjadi 2.500 TCD.

Dari 11 PG saat ini memiliki total kapasitas giling 37.000 TCD.

Sementara melalui perbaikan di on-farm, luas lahan tebu PTPN X diperkirakan meningkat Sementara luas lahan tebu tahun ini diprediksi menjadi 74.877 ha atau naik 3,2% dibandingkan tahun lalu.

Sedangkan produktivitas lahan tebu ditetapkan 81,6 ton tebu/ha dengan produksi gula 6,78 ton gula/ha.

"Kalau rendemennya ditargetkan mencapai 8,29% atau naik dari realisasi tahun lalu yang hanya 7,71%," imbuh Subiyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper