Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pangkal Pinang Manado Alami Penurunan Indeks Keyakinan Konsumen Terbesar

Sebanyak 16 kota mengalami penurunan IKK pada April 2015, dengan penurunan indeks terbesar terjadi di Pangkal Pinang -25,6 poin dan Manado -24,7 poin
Indeks keyakinan konsumen turun.  /
Indeks keyakinan konsumen turun. /

Bisnis.com, JAKARTA - Keyakinan konsumen pada bulan April 2015 cenderung melemah dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2015 yang menurun sebesar 9,5 poin menjadi 107,4.

Penurunan tersebut lebih besar dibandingkan penurunan IKK bulan sebelumnya sebesar 3,3 poin.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara mengatakan semakin melemahnya IKK April 2015 disebabkan oleh penurunan kedua komponen pembentuknya, yakni Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang masing-masing turun sebesar 8,6 poin dan 10,3 poin dari bulan sebelumnya.

"Secara regional, sebanyak 16 kota mengalami penurunan IKK pada April 2015, dengan penurunan indeks terbesar terjadi di Pangkal Pinang yakni -25,6 poin dan Manado -24,7 poin," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (6/5/2015).

Berdasarkan tingkat pengeluaran, lanjutnya, penurunan IKK terbesar terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp2 juta hingga Rp3 juta per bulan. "Walaupun ada penurunan, kami tetap optimistis," kata Tirta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper