Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Denmark Pusatkan Perdagangan dan Investasi ke Indonesia

Pemerintah Denmark akan memusatkan investasi dan perdagangan mereka ke Asia sebagai salah satu kebijakan terbarunya. Indonesia menjadi salah satu target dalam kebijakan tersebut.nn
Muhammad Avisena
Muhammad Avisena - Bisnis.com 04 Mei 2015  |  01:30 WIB
Denmark Pusatkan Perdagangan dan Investasi ke Indonesia
Ilustrasi - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Denmark akan memusatkan investasi dan perdagangan mereka ke Asia sebagai salah satu kebijakan terbarunya. Indonesia menjadi salah satu target dalam kebijakan tersebut.

Penegasan tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel saat memimpin Misi Dagang Indonesia bertemu Minister of Trade and Development Cooperation of Denmark, H.E. Mogens Jensen di Kantor Kementerian Perdagangan Denmark, Kopenhagen.

"Setelah melalui kajian yang cukup mendalam, Denmark telah mengambil kebijakan untuk mengarahkan sumber daya yang dimilikinya ke Asia, terutama ke Indonesia. Kebijakan ini dilandasi kepercayaan terhadap perekonomian Indonesia dan pemerintah baru yang berpihak kepada pebisnis," tegas Menteri Jensen seperti disampaikan Mendag Rachmat Gobel.

Untuk menunjukkan keseriusannya, menurut Mendag, kunjungan Ratu Denmark pun telah dijadwalkan dapat dilakukan pada akhir tahun 2015.

"Sejalan dengan kebijakan tersebut maka direncanakan kunjungan Ratu Denmark ke Indonesia pada akhir tahun ini bersama-sama dengan rombongan 50 pengusaha Denmark yang siap berbisnis di berbagai sektor di Indonesia, seperti infrastruktur di bidang maritim dan pelabuhan, energi terbarukan, serta kerja sama teknologi ketersediaan pangan," tutur Rachmat Gobel.

Dalam pertemuan bilateral antara Mendag Rachmat dan Menteri Jensen, sejumlah isu yang juga dibicarakan antara lain peningkatan kerja sama perdagangan yang lebih komprehensif.

Kedua Menteri juga membahas pemanfaatan kerja sama antarkawasan, termasuk ASEAN Economic Community (AEC), maupun keberlangsungan pembahasan mengenai Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dengan Uni Eropa.

Menteri Jensen menyambut hangat kunjungan Mendag Rachmat ke Kopenhagen beserta rombongan pengusaha Indonesia, dan berharap kunjungan ini akan menjadi awal kerja sama sejak 65 tahun terjalinnya hubungan diplomatik Denmark dan Indonesia.

“Kami menyampaikan penghargaan terhadap kunjungan bisnis Menteri Perdagangan bersama para pengusaha Indonesia. Lewat kunjungan ini, kami meyakini bahwa keikutsertaan para pengusaha Denmark pada saat kunjungan Ratu Denmark ke Indonesia akan menciptakan kerja sama baru dengan para pengusaha Indonesia,” kata Jensen.

Menteri Jensen meyakini bahwa para pengusaha Denmark akan berperan aktif dalam pembangunan ekonomi Indonesia sejalan dengan komitmen Indonesia pada pemberantasan korupsi dan terus berupaya mengurangi prosedur birokrasi, meningkatkan perlindungan investasi, serta kepastian hukum bagi para investor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bilateral denmark
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top