Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Trans Sumatra Mulai Digarap

Presiden Joko Widodo hari ini (30/4) melaksanakan groundbreaking jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar dan Palembang-Indralaya.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo hari ini (30/4) melaksanakan groundbreaking jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni – Terbanggi Besar dan Palembang-Indralaya.

Acara groundbreaking jalan tol Trans Sumatera dilakukan di Sabah Balau, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Selain di lokasi tersebut, acara groundbreaking juga serentak dilaksanakan di Bakauheni dan Palembang.

“Akhirnya proses pembebasan lahan bisa dilakukan dan pagi ini ground breaking tol trans sumatera bisa dimulai dan tol ini tidak seperti tol lain karena lebarnya 120 meter," kata Presiden Joko Widodo dalam keterang pers yang diterima Bisnis.com, Kamis (30/4/2015)

Hadir pada acara groundbreaking tersebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Sumarno, dan Gubernur Lampung Muhammad Ridhoficardo.

Jokowi mengatakan selain diperintukan untuk jalan tol, pemerintah juga berencana untuk mengembangkan daerah sekitar jalan tol untuk instalasi listrik, jalur kereta api untuk barang dan transportasi rakyat.

Lebih lanjut, Jokowi mengapresiasi Gubernur Lampung yang telah melakukan percepatan untuk pembebasan lahan, sekaligus menegaskan setiap pembangunan agar diselesaikan pembebasan lahannya agar proses pembangunan tidak terhambat.

"Saya targetkan tol ini rampung dalam waktu 3 tahun, kalau ada permasalahan di lapangan bilang ke saya," tambah Presiden.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah memiliki program pembangunan jalan tol 1000 km.

Khusus untuk tol trans Sumatra pemerintah telah memberi mandat kepada BUMN Hutama Karya untuk mengerjakan mega proyek itu.

“Sesuai Perpres No 100/2014 tentang percepatan pembangunan jalan tol di Sumatera, PT Hutama Karya (Persero) telah ditugaskan untuk membangun 311,8 km, terbagi atas 4 ruas jalan tol,”kata Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper