Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau Dapat Pasokan Listrik 1.900 Megawatt

Provinsi Riau akan mendapatkan tambahan energi listrik sebesar 1.900 megawatt di tahun 2016 dari total 35.000 yang akan ditambah untuk seluruh Indonesia.
Instalasi listrik/Antara
Instalasi listrik/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU - Provinsi Riau akan mendapatkan tambahan energi listrik sebesar 1.900 megawatt di tahun 2016 dari total 35.000 yang akan ditambah untuk seluruh Indonesia. 

General Maneger PLN Unit Induk Pembangkit II Sumbagteng, Robert Aprianto Purba mengatakan penambahan energi listrik itu akan mengaliri beberapa daerah yang belum teraliri listrik.

"Tahun depan kita akan mendapatkan tambahan 1.900 megawatt dari total pembangunan 35.000 megawatt. Nantinya, tambahan daya itu akan dialiri ke desa-desa yang belum dimasuki listrik," jelasnya, Selasa (29/4/2015).

Pihaknya merencanakan pembangunan pengembangan tapak tower sesuai program Presiden Joko Widodo yang mencanangkan pasokan listrik sebesar 35.000 MW.      

"Biaya yang harus dikeluarkan untuk pembangunan pembangkit listrik sebesar 1.900 MW, maka dibutuhkan US$1,5 juta atau mencapai Rp18 miliar dan belum termasuk pembangunan jaringan transmisi," kata Robert.

Saat ini, 270 desa dari total 1.641 desa di provinsi itu belum mendapatkan aliran listrik. Jika dipresentasekan masih ada sekitar 17% lagi desa yang belum menyala.
    
Meski telah ditambahkan, Robert mengatakan pihaknya maih terpaksa melakukan pemadaman secara bergilir karena tidak ada daya cadangan. 

"Tapi, pemadaman listrik bergilir tetap ada. Idealnya, daya listik yang dihasilkan itu dari total kebutuhan harus ada cadangan sebesar 30% dan itu baru bisa dibilang aman," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper