Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASIAN GAMES 2018, Permintaan Granite Tile Diproyeksi Kian Meningkat

Permintaan penutup lantai jenis granite tile dinilai bakal kian meningkat di Sumatra Selatan, khususnya Palembang, seiring dengan menggeliatnya proyek pembangunan, termasuk persiapan Asian Games pada 2018.
Pabrik penutup lantai. /Bisnis.com
Pabrik penutup lantai. /Bisnis.com

Bisnis.com, PALEMBANG - Permintaan penutup lantai jenis granite tile dinilai bakal kian meningkat di Sumatra Selatan, khususnya Palembang, seiring dengan menggeliatnya proyek pembangunan, termasuk persiapan Asian Games pada 2018.

Supervisor PT Granitoguna Building Ceramics Wilayah Sumatra Selatan R. Andyka mengatakan banyaknya proyek pembangunan di Sumatra Selatan berpeluang meningkatkan permintaan granite tile, sekaligus mengerek penjualan Granito.

“Tahun lalu, penjualan volume granite tile kami di Sumatra Selatan itu mencapai 108.000 m2. Saya optimistis penjualan granite tile setidaknya bisa bertumbuh hingga 20%, menjadi sekitar 130.000 m2 pada tahun ini,” ujarnya, Kamis (16/4/2015).

Untuk merealisasikan target tersebut, lanjut Andyka, pihaknya menggandeng Ikatan Konsultan Indonesia (Inkindo) Sumatra Selatan, terutama konsultan konstruksi guna mengenalkan produk-produk yang dimiliki perseroan.

Dia mengaku upaya tersebut merupakan bagian dari rencana bisnis Granito yang ingin membidik konsumen proyek. Apalagi, banyak proyek pembangunan yang memakai jasa konsultan dalam desain bangunannya.

“Porsi penjualan granite tile kami di Sumatra Selatan ini memang lebih banyak dari konsumen ritel, mungkin sekitar 70%-30%. Nah, kami berharap porsi dari konsumen proyek bisa meningkat minimal menjadi 40%,” katanya.

Meski demikian, dia mengaku penjualan granito tile di Sumatra Selatan tidak mudah. Pasalnya, perseroan harus bersaing dengan produk granite tile lainnya, terutama dari China. Adapun, market share granite tile perseroan di Sumatra Selatan mencapai 40%.

Ketua Inkindo Sumatra Selatan Lasidi Pribadi mengaku tren permintaan penutup lantai memang tengah bergeser dari sebelumnya sebesar 40cmx40m menjadi 60cmx60cm, terutama konsumen yang memiliki bangunan besar, seperti hotel.

“Ternyata tidak hanya dari hotel saja, rumah biasa pun sekarang mulai ke sana. Jadi memang penutup lantai yang lebar ini menjadi trend saat ini. Tentunya, hal ini juga bakal menambah referensi para arsitek dalam mendesain bangunannya,” tuturnya.

Granitoguna Building Ceramics merupakan perusahaan dalam negeri yang mendapatkan lisensi dari Australian Building Ceramics Pte Ltd, dan memiliki pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper