Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTNA Sambut Baik Konsep Inti Plasma

Merespons dorongan Presiden Joko Widodo pada sektor pertanian dan perkebunan untuk mengimplementasikan konsep intiplasma, berbagai kalangan menyambut baik usulan tersebut.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Merespons dorongan Presiden Joko Widodo pada sektor pertanian dan perkebunan untuk mengimplementasikan konsep intiplasma, berbagai kalangan menyambut baik usulan tersebut.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan, Winarno Thohir menyampaikan konsep inti-plasma sebenarnya bukan merupakan konsep baru, namun amat baik jika dapat terus digiatkan di Indonesia.

Dengan konsep inti-plasma, dapat berdampak pada peningkatan produktivitas baik inti dan plasma, peningkatan kualitas produksi, dan meningkatkan pendapatan petani karena dia memiliki kepastian untuk pasarnya, jelas Winarno saat dihubungiBisnis,Rabu.

Dia menuturkan konsep inti-plasma dapat diimplementasikan pada hampir semua komoditas pertanian dan perkebunan, bahkan perikanan.

Dia mencontohkan saat ini ada beberapa praktik inti-plasma pada komoditas karet, padi, dan jagung.

Kendati demikian, Winarno mengingatkan agar pemerintah dapat menjadi juri langsung dalam mengawasi praktik inti-plasma. Pasalnya, tak jarang ditemukan pelaku inti yang melanggar aturan sehingga merugikan petani plasma.

Dia merekomendaiskan pemerintah pusat sebagai penggerak program inti-plasma dapat mengerahkan pemerintah daerah untuk mengawasi praktik ini.

Jika berjalan dengan baik, konsep inti-plasma dapat meningkatkan potensi daerah dan berujung pada peningkatan komoditas ekspor, seperti ambisi Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper