Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Empat Provinsi Ini Ditargetkan Jadi Sentra Industri Kakao

Empat provinsi di Sulawesi yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara ditargetkan menjadi produsen utama komoditas kakao di Indonesia
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, BOGOR - Empat provinsi di Sulawesi yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara ditargetkan menjadi produsen utama komoditas kakao di Indonesia.

Gubernur Sulawesi Barat Adnan Anwar Saleh mengatakan keempat provinsi tersebut telah lama bergelut dengan komoditas kakao sehingga lebih potensial dikembangkan sebagai sentra pengembangan kakao.

“Pemerintah harus konsisten beri dorongan kepada provinsi yang sudah lama hidup dengan kakao, yang benar-benar produsen kakao,” ujarnya, Selasa (7/4/2015).

Adnan menambahkan penetapan fokus pengembangan kakao sangat dibutuhkan agar dana yang dialokasikan oleh pemerintah dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Berkaca dari pengalaman Gerakan Nasional (Gernas) Kakao yang digagas oleh pemerintah pada periode sebelumnya, salah satu penyebab kegagalan program tersebut adalah karena anggaran pengembangan kakao tidak dialokasikan secara tepat.

Dalam program Gernas Kakao, lanjutnya, anggaran pengembangan kakao tidak hanya mengalir kepada provinsi yang telah berpengalaman mengelola komoditas tersebut melainkan juga diberikan kepada provinsi lain yang belum pernah mengenal kakao.

“Dulu itu ada semacam euforia, dibagi kepada 25 provinsi yang tidak semuanya paham kakao. Gagal,” katanya.

Adapun, pada tahun ini, pemerintah mengalokasikan dana senilai Rp1,23 triliun khusus untuk pengembangan komoditas kakao di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper