Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Merencanakan Pengadaan Void Sebelum Membangun Rumah

Ketika merancang rumah, tentu bukan hanya tema atau konsep yang Anda pikirkan. Perencanaan bentuk rumah yang nyaman namun menyehatkan tentu saja wajib dilakukan. Salah satunya adalah memikirkan dan merencanakan pengadaaan void dalam rumah Anda.
Rumah dengan void yang merupakan ruang kosong atau lantai hampa yang menghubungkan antara satu lantai dengan lantai yang lain./st.houzz.com
Rumah dengan void yang merupakan ruang kosong atau lantai hampa yang menghubungkan antara satu lantai dengan lantai yang lain./st.houzz.com

Bisnis.com, JAKARTA -  Ketika merancang rumah, tentu bukan hanya tema atau konsep yang Anda pikirkan. Perencanaan bentuk rumah yang nyaman namun menyehatkan tentu saja wajib dilakukan. Salah satunya adalah memikirkan dan merencanakan pengadaaan void dalam rumah Anda.

Seperti diketahui, void merupakan ruang kosong atau lantai hampa yang menghubungkan antara satu lantai dengan lantai yang lain. Biasanya void dibiarkan dengan kesan terbuka guna memberikan kesan lapang dan luas pada bangunan. Namun, void juga bisa dimiliki oleh rumah berlantai satu tanpa tingkat, jika memiliki plafon tinggi, dan membiarkan ruang kosong antara plafon tersebut.

Peran void di dalam rumah begitu penting. Fungsinya tak hanya membuat hunian terlihat lapang, tapi berguna juga sebagai sirkulasi udara dan cahaya yang baik di dalam rumah. Berkaitan dengan hal itu, void bisa menjadi solusi tepat untuk mengundang cahaya dan udara masuk ke dalam rumah

Tak hanya menampilkan kesan lapang, kehadiran void  juga mampu menampilkan kesan tingi dan megah dari sebuah ruangan yang sebenarnya, tak terlalu tinggi.

Untuk menghadirkan void dalam rancangan rumah, Anda bisa menempatkan rencana desain void di beberapa tempat. Kehadiran void dalam rumah sudah cukup lumrah dilakukan di lorong tangga yang menghubungkan antara lantai satu dan dua.

Maka dari itu, akan sangat menarik apabila void dihadirkan ditempat yang menjadi pusat kegiatan di rumah Anda, seperti contoh di ruang tamu atau ruang keluarga.

 Sesuai fengshui, void memang sebaiknya berada di ruang keluarga. Void ruangan menjadikan hubungan antara lantai atas dan bawah sehingga, keakraban di antara penghuninya dapat terjaga.

Kehadiran void akan lebih menarik apabila dipadukan dengan pengaturan pencahayaan alami dari atap rumah Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan memasang atap transparan di lokasi void akan ditempatkan.

Anda juga bisa menempatkan beberapa jendela ventilasi di bagian atas vodi yang paling mendekati atap. Bias dan sinar matahari yang masuk secara tidak langsung, dapat membantu rumah Anda terlihat terang meskipun tanpa menggunakan lampu.

Kehadian void untuk membebaskan sinar matahari tak langsung  yang masuk ke rumah, selain membuat Anda bisa menghemat listrik di siang hari. Faktor kesehatan karena membiarkan sinar matahari pagi hari masuk ke dalam rumah menjadi sisi positif lain. Selain itu sirkulasi udara pun menjadi berkualitas.

Tampilan maksimal dari void di malam hari juga bisa Anda tampilkan dalam rumah. Penggunaan beberapa ornamen penunjang  bisa Anda gunakan, salah satunya lampu.

Biasanya di beberapa rumah, kehadiran void akan dilengkapi oleh lampu gantung yang dapat menampilkan kesan mewah dan ekslusif. Namun Anda juga bisa menampilkan kesan lain dengan menggunakan lampu jenis lain pula.

Cukup mengunakan lampu halogen yang ditempatkan di beberapa sudut void, kesan elegan dan romantis bisa hadir di rumah Anda. Akan tetapi, penempatan lampu halogen harus memperhitungkan beberapa hal, salah satunya penempatan yang simetris antar lampu.

Penempatan lampu yang simetris dapat menghadirkan kesan elegan dan romantis yang diinginkan, terlebih apabila lampu halogen tersebut bisa saling menembak ke beberapa sudut yang gelap dari void tersebut.

Di sisi lain, dalam menentukan rancangan void yang baik dan benar bagi rumah Anda, ada beberapa hal yang perlu perhatikan,salah satunya adalah ukuran luas dari rumah. Usahakan ukuran void proporsional dengan ukuran rumah Anda, agar tampilan rumah pun menjadi maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper