Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bantu Dana PG, PTPN X Andalkan Ekspor Tembakau

PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X) mengandalkan ekspor tembakau untuk membantu dana pengembangan pabrik gula (PG) miliknya.
Hasil panen tembakau/Antara
Hasil panen tembakau/Antara

Bisnis.com,JAKARTA— PT Perkebunan Nusantara X (PTPN X) mengandalkan ekspor tembakau untuk membantu dana pengembangan pabrik gula (PG) miliknya.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan PTPN X Mochamad Sulton mengatakan perusahaan pun terus menggenjot produksi tembakau.

Setidaknya, dalam satu tahun PTPN X dapat memproduksi tembakau sekitar 20.000 ton yang seuluruhnya diekspor.

 “Jadi kontribusinya tembakau PTPN X itu mencapai Rp40 miliar. Ini semua tembakaunya dari hasil ekspor,” katanya kepada Bisnis.com, Rabu (18/3/2015).

Dia menambahkan negara tujuan ekspor ini adalah Eropa, seperti Swiss, Itali, dan Belanda, serta Amerika Serikat dan China.

Menurutnya, tembakau merupakan tanaman historis PTPN X. Pengembangan tanaman ini sudah dilakukan sejak zaman Belanda untuk dijadikan cerutu.

Total PG yang dimiliki PTPN X sendiri tercatat sebanyak 11 PG dengan total kapasitas sebesar 42.200 TCD. Dari sebelas pabrik tersebut, produksi gula PTPN X sekitar 450.000 ton tahun lalu.

Selain genjot produk hilir, Sulton juga mengatakan revitalisasi pabrik gula dibarengi dengan perbaikan tanaman guna meningkatkan rendemen dan produksi. Tahun ini, pihaknya menargetkan produksi bisa di atas 450.000 ton dengan rendeman di atas 8%.

“Kami utamanya adalah gula, rendemen bagus, produksi tebu bagus, sehigga gula dapat banyak, bagi hasil petnai juga banyak,” katanya.

Produksi Gula Kristal Putih (GKP) PTPN X sendiri berkontribusi sebesar 18,12% terhadap produksi nasional. Di Pulau Jawa, produksi GKP PTPN X berkontribusi sebesar 29,16%. Kemudian, produksi GKP PTPN X berkontribusi sebesar 30,78% terhadap BUMN gula lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihda Fadila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper