Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MENTERI ESDM: Sanggup Kelola Blok Mahakam, Pertamina Dibekali Rp315 Triliun

Menteri ESDM Sudirman Said mengungkapkan PT Pertamina (Persero) menyiapkan dana sekitar us$25,2 miliar atau setara Rp315 triliun untuk mengelola Blok Mahakam, Kaltim selama 20 tahun pasca-2017.
Menteri ESDM Sudirman Said/Antara
Menteri ESDM Sudirman Said/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri ESDM Sudirman Said mengungkapkan PT Pertamina (Persero) menyiapkan dana sekitar us$25,2 miliar atau setara Rp315 triliun untuk mengelola Blok Mahakam, Kaltim selama 20 tahun pasca-2017.

"Setelah Pertamina mempresentasikan proposal kesiapannya mengelola Mahakam, pemerintah berkeyakinan Pertamina mampu mengelola blok tersebut," katanya di Jakarta, Senin (9/3/2015).

Saat ini, Mahakam yang dikelola Total E&P Indonesie sejak 1967 akan habis masa kontraknya pada 2017.

Pertamina secara resmi telah mempresentasikan proposal kesanggupan mengelola Mahakam pada Sabtu (7/3) di Kementerian BUMN, Jakarta.

Hadir dalam pertemuan ini antara lain Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri BUMN Rini Soemarno, Wamenkeu Mardiasmo, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi, dan Dirut Pertamina Dwi Soetjipto.

Sesuai Pasal 28 ayat 9 dan 10 Peraturan Pemerintah No. 35 Tahun 2004 tentang Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi, Pertamina dapat mengajukan pengelolaan blok habis kontrak kepada Menteri ESDM.

Dan, Menteri ESDM bisa menyetujui permohonan itu sepanjang Pertamina 100% dimiliki negara. "Sesuai aturan, begitu blok habis kontrak, kalau mau melanjutkan, Pertamina harus memberikan proposal untuk dipertimbangkan pemerintah.

Setelah mendengar presentasi Pertamina dan juga ada tanya jawab, di-'challenge' dan ditanya berbagai hal, maka pemerintah merasa yakin Pertamina memiliki kesiapan untuk menjadi operator Mahakam sesudah selesai kontrak dengan Total," ujar Sudirman.

Ia melanjutkan sejak November 2014, pihaknya sudah menyampaikan keinginan memberikan pengelolaan Mahakam ke Pertamina.

Selanjutnya, pada periode November 2014 sampai Februari 2015, dilakukan dialog secara berkala antara Kementerian ESDM, Pertamina, dan Total agar transisi dari Total ke Pertamina sampai 2017 dapat berjalan dengan baik.

"Pemerintah akan terus menjadi fasilitator agar masa transisi berjalan baik. Saya yakin keduanya akan bertemu pada satu titik kompromi yang produktif, karena saling membutuhkan. Saya juga yakin Total punya kepentingan yang lebih luas untuk terus berada di Indonesia mengembangkan blok lain," tuturnya.

Pemerintah menyerahkan kepada Pertamina apakah akan bermitra kembali dengan Total atau tidak. "Minggu depan, Pertamina dan Total akan kami undang, sehingga transisi berlangsung dengan baik," kata Sudirman. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper