Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Tuan Rumah Asian Youth Creative Industry Fair 2015

Indonesia didaulat menjadi tuan rumah kegiatan Asian Youth Creative Industry Fair (AYCIF) 2015. Kegiatan ini merupakan salah satu ajang terbesar untuk memajukan industri kreatif di kawasan Asean.
Indonesia  Tuan Rumah Asian Youth Creative Industry Fair 2015./JIBI
Indonesia Tuan Rumah Asian Youth Creative Industry Fair 2015./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia didaulat menjadi tuan rumah kegiatan Asian Youth Creative Industry Fair (AYCIF) 2015. Kegiatan ini merupakan salah satu ajang terbesar untuk memajukan industri kreatif di kawasan Asean.

Deputi Bidang Pengkajian Sumber Daya UMKM Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring mengatakan AYCIF 2015 bertujuan untuk membangun subsektor industri kreatif secara berkelanjutan (sustainable) sehingga bisa menjadi penggerak perkembangan ekonomi baru.

"Ini adalah ajang berkumpulnya insan kreatif dari Jepang dan Asean. Nantinya, penyelenggara akan menyeleksi bakat-bakat kreatif terpilih. Ini adalah bentuk kerja sama antara Japan ASEAN Integration Fund [JAIF], Kemenkop UKM, dan UKM Center FEUI," katanya disela-selan konferensi pers AYCIF 2015 di Jakarta, Selasa (24/2).

Minister Consellor Deputy Chief of Mission Japan to Asean Yukiko Okano mengatakan Indonesia menjadi tuan rumah pertama untuk rangkaian kegiatan terbesar industri kreatif. Nantinya, akan dihadirkan praktisi dan insan subsektor industri kreatif dari ASEAN dan Jepang untuk berdiskusi, memamerkan produk dan karya, serta menjualnya ke masyarakat.

"Kegiatan ini menjadi penting karena para pemula di bidang ini bisa mendapat pengalaman dari praktisi dan pakar industri kreatif dari Jepang dan ASEAN. Ini merupakan langkah baik apalagi sebentar lagi perjanjia Masyarakat Ekonomi Asean akan diberlakukan," katanya.

kepala UKM Center FEUI Eugenia Mardanugraha mengatakan AYCIF 2015 mejadi dasar untuk mewujudkan kerja sama antara Jepang dan negara-negara Asean dalam melihat peluang di masa depan.

"Kami berharap ASEAN, khususnya Indonesia menjadi salah satu kawasan terdepan dalam sektor industri kreatif," paparnya.

AYCIF 2015 sendiri akan mengadakan beberapa kegiatan, antara lain kompetisi, exhibition, seminar dan workshop, serta creative bazaar. Untuk kompetisi akan dibagi dalam 4 sub-sektor industri kreatif yaitu fashion, desain produk dan kerajinan tangan, games dan aplikasi, serta film dan animasi. Kompetisi tersebut rencanannya akan dibuka mulai 24 Februari–31 Mei 2015.

Acara puncak AYCIF 2015 akan dilaksanakan pada 20-30 Agustus 2015 bertempat di kawasan Kota Tua, Jakarta. "AYCIF 2015 bukan sekadar menjadi ajang bagi pelaku industri berpameran dan berdiskusi. Kegiatan ini juga bertujuan mengangkat potensi wisata Kota Tua Jakarta ke masyarakat Asean dan Jepang," kata Meiliadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper