Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PENYERAPAN TENAGA KERJA: Pemerintah Fokus Luar Jawa

Pemerintah menargetkan kawasan luar Pulau Jawa, terutama Indonesia bagian timur untuk sebagai sumber penyerapan tenaga kerja sekaligus pemerataan kesempatan kerja di Tanah Air.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 16 Februari 2015  |  04:09 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah menargetkan kawasan luar Pulau Jawa, terutama Indonesia bagian timur untuk sebagai sumber penyerapan tenaga kerja sekaligus pemerataan kesempatan kerja di Tanah Air.

Dirjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Reyna Usman mengatakan industri padat karya diharapkan bisa membantu pemerintah dalam melakukan perluasan kesempatan kerja di kawasan luar Jawa, terutama Indonesia timur.

Adapun untuk kawasan Pulau Jawa dan Bali, sambung Reyna, pemerintah akan memaksimalkan sektor jasa pariwisata, dan infrastruktur untuk membantu pencapaian target kesempatan kerja yang sebesar 1,74 juta peluang pada tahun ini.

“Pengusaha padat karya harus berani melakukan perluasan di luar Jawa seperti Sumatera, Sulawesi, NTT dan NTB karena harapan tenaga kerja dari segi kuantitas sangat terpenuhi,” kata Reyna kepada Bisnis, Jumat (13/2/2015).

Pemerintah pada tahun ini menargetkan terciptanya 1,74 juta peluang kerja, dan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,7%, di mana setia 1% pertumbuhan ekonomi dapat menyerap sekitar 350.000 tenaga kerja.

Reyna menambahkan, target tersebut akan bisa terealisasi apabila ada dukungan dan kontribusi penuh dari dunia usaha, terutama sektor padat karya. “Pemenuhan target itu sangat dipengaruhi existing dari padat karya,” tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tenaga kerja luar jawa
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top