Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENYERAPAN TENAGA KERJA: Pemerintah Fokus Luar Jawa

Pemerintah menargetkan kawasan luar Pulau Jawa, terutama Indonesia bagian timur untuk sebagai sumber penyerapan tenaga kerja sekaligus pemerataan kesempatan kerja di Tanah Air.

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah menargetkan kawasan luar Pulau Jawa, terutama Indonesia bagian timur untuk sebagai sumber penyerapan tenaga kerja sekaligus pemerataan kesempatan kerja di Tanah Air.

Dirjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Reyna Usman mengatakan industri padat karya diharapkan bisa membantu pemerintah dalam melakukan perluasan kesempatan kerja di kawasan luar Jawa, terutama Indonesia timur.

Adapun untuk kawasan Pulau Jawa dan Bali, sambung Reyna, pemerintah akan memaksimalkan sektor jasa pariwisata, dan infrastruktur untuk membantu pencapaian target kesempatan kerja yang sebesar 1,74 juta peluang pada tahun ini.

“Pengusaha padat karya harus berani melakukan perluasan di luar Jawa seperti Sumatera, Sulawesi, NTT dan NTB karena harapan tenaga kerja dari segi kuantitas sangat terpenuhi,” kata Reyna kepada Bisnis, Jumat (13/2/2015).

Pemerintah pada tahun ini menargetkan terciptanya 1,74 juta peluang kerja, dan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,7%, di mana setia 1% pertumbuhan ekonomi dapat menyerap sekitar 350.000 tenaga kerja.

Reyna menambahkan, target tersebut akan bisa terealisasi apabila ada dukungan dan kontribusi penuh dari dunia usaha, terutama sektor padat karya. “Pemenuhan target itu sangat dipengaruhi existing dari padat karya,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper