Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Harga Rumah di Kota Bandung Tertinggi Se-Nasional

Indeks harga properti residensial di Kota Bandung telah menjadi yang tertinggi dari rata-rata nasional. Bahkan, REI Jawa Barat mencatat pertumbuhan harganya mencapai lebih dari 30% setiap tahunnya.

Bisnis.com, BANDUNG—Indeks harga properti residensial di Kota Bandung telah menjadi yang tertinggi dari rata-rata nasional. Bahkan, REI Jawa Barat mencatat pertumbuhan harganya mencapai lebih dari 30% setiap tahunnya.

Berdasarkan survei triwulanan yang dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, indeks harga properti residensial (IHPR) di Kota Kembang pada triwulan IV/2014 mengalami kenaikan sebesar 2,6% dibandingkan dengan triwulan III/2014.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Rosmaya Hadi memandang tingginya harga properti residensial primer atau rumah tinggal didorong peningkatan permintaan di Kota Bandung.

“Harga properti residensial primer di Kota Bandung tertinggi dibandingkan dengan 20 kota di Indonesia. Tertinggi juga dari rata-rata harga properti nasional,” katanya.

Ketua REI Jabar Irfan Firmansyah mengatakan di beberapa daerah di Kota Kembang, peningkatan harga residensial dapat melampaui 30% disebabkan investasi yang dibutuhkan untuk membangun sarana pendukungnya pun terbilang tinggi.

Menurut dia, kisaran harga rumah untuk tingkat menengah di Kota Bandung pada saat ini mencapai Rp400 juta-Rp600 juta, sementara untuk masyarakat tingkat atas bisa mencapai Rp2 miliar.

“Kembali lagi, tergantung dengan daerahnya karena meskipun ketersediaan lahan potensialnya itu ada tetapi jumlahnya terbatas. Seperti di Batununggal dan Setrasari, harga yang ditawarkan bisa sampai Rp2 miliar,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdalah Gifar
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper