Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bermitra dengan JCI, Kemenkop UKM Targetkan 2% Jumlah Wirausaha

Kementerian Koperasi dan UKM terus melakukan kemitraan dengan berbagai stakeholder, salah satunya dengan Junior Chamber International (JCI) Indonesia. Hal ini dilakukan guna mewujudkan rasio 2% wirausaha dari total penduduk Indonesia.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 27 Januari 2015  |  19:43 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Koperasi dan UKM terus melakukan kemitraan dengan berbagai stakeholder, salah satunya dengan Junior Chamber International (JCI) Indonesia. Hal ini dilakukan guna mewujudkan rasio 2% wirausaha dari total penduduk Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso Budi Susetyo mengatakan untuk mencapai rasio 2%, Kemenkop UKM harus melakukan kemitraan dengan banyak stakeholder, tidak bisa jalan sendiri-sendiri.

Menurut Prakoso, pencanangan gerakan kewirausahaan tersebut sejalan dengan program Kemenkop yang sudah berjalan, yaitu Gerakan Kewirausahaan Nasional.

“Pada dasarnya sama, yaitu ingin mencetak lebih banyak orang menjadi wirausaha pemula, dan yang sudah menjadi wirausaha pemula untuk dapat naik kelas”, katanya melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (27/1/2015).

Kemenkop UKM akan mendukung penuh pencanangan Gerakan Sejuta Wirausaha yang akan dilakukan JCI pada Jumat, 30 Januari 2015 mendatang di kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta.

Menurut Prakoso, pihaknya bersama JCI akan melakukan pendampingan bagi wirausaha pemula hingga ke daerah-daerah. Untuk mempercepat proses gerakan tersebut, beberapa asosiasi bisnis pun akan diajak kerja sama.

"Saat ini, rasio masih berkisar di 1,65 persen," imbuhnya.

Vice President JCI Indonesia Alexander Tio mengatakan bahwa gerakan kewirausahaan ini sudah berjalan setahun, sejak 2014. Namun, baru akan di-launching secara nasional pada 30 Januari 2015 ini.

“Kita akan canangkan Gerakan Sejuta Wirausaha secara nasional untuk mencetak wirausaha pemula lebih banyak lagi”, kata Alexander Tio.

JCI akan melakukan pelatihan kewirausahaan bagi individu-individu yang berminat menjadi wirausaha pemula atau yang sudah menjadi wirausaha pemula, termasuk di dalamnya pelatihan manajemen perusahaan.

“Sasaran gerakan ini adalah pemuda di seluruh Indonesia. Dan program kami ini akan disinkronkan dengan apa yang sudah dilakukan oleh Kementrian Koperasi dan UKM,” katanya.

Dengan jumlah 26 Chapter JCI yang tersebar di Jakarta, Bali, Yogyakarta, Solo, Semarang, Medan, Sumatera Barat, Surabaya, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan sebagainya, Alexander Tio menegaskan bahwa JCI siap melakukan pendampingan bagi para wirausahawan pemula di seluruh Indonesia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top